Gubernur Pimpin Apel Siaga Darurat Karhutlah

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi, Fachrori Umar memimpin apel siaga darurat pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, yang sedang terjadi di Provinsi Jambi.

Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla yang terjadi di Provinsi Jambi dalam 2 minggu terakhir, cukup membuat pemerintah Provinsi Jambi serta TNI-Polri, serius dalam menangani bencana ini.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jambi, serta Forkopimda, menggelar apel siaga pencegahan Karhutla Provinsi Jambi 2019, yang juga dihadiri oleh Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) di lapangan Korem 042/Gapu Jambi, Kamis (8/8/2019).

Pada tahun 2015, Provinsi Jambi pernah mengalami kebakaran yang sangat hebat, yang memberikan dampak buruk dan memberikan kerugian materi yang tak sedikit, dan di tahun ini terdapat titik panas sebanyak 275 titik, serta sudah sekitar 300 hektar lahan yang sudah terbakar.

Gubenur Jambi, Fachrori Umar meminta semua instansi terkait, untuk saling bekerja sama dalam memadamkan api, dan alat-alat yang telah disediakan, agar digunakan dengan optimal.

Badan Restorasi Gambut juga memberikan 7 buah alat pompa air apung, yang diimpor dari kanada senilai 945 juta. Mesin tersebut mampu menyedot air hingga 3600 liter per menit, yang sangat mebantu dalam memadamkan api.

Kepala BRG, Nazir Foead mengatakan, wilayah yang saat ini terbakar, bukan masuk dalam wilayah yang sedang direstorasi oleh BRG, namun masih dalam perencanaan.

Sampai saat ini, kebakaran masih belum bisa dipadamkan, dan tim dari TNI-Polri, Manggala Agni, masyarakat peduli api, masih terus berupaya untuk memadamkan api.***

Kategori Hukrim

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.