Senin, 17 Desember 2018 | 14:57

H Al Haris : H Sibawaihi Selalu Tampil ‘Necis’ Luar Biasa

Penulis : Teguh
Editor : M Asrori S

Bupati Merangin, H Al Haris menyerahkan cinderamata kepada H Sibawaihi, sebagai tanda ucapan terima kasih.

INFOJAMBI.COM – Tiap kali ada acara kedinasan, H Sibawaihi, selalu tampil ‘necis’ luar biasa. Cara perkaianya perlu ditiru, tak hanya rapi, tapi juga lengkap, mulai dari jam tangan, cincin batu sampai sepatu yang selalu mengkilat.

Komentar Bupati Merangin, H Al Haris itu, diungkapkan, pada acara pengantar masa purna bhakti H Sibawaihi, selaku Sekda Pemkab Merangin, masa bhakti 2013-2018, berlangsung di auditorium rumah dinas Bupati, Senin (12/11/2018).

“Memang seorang pejabat itu, dinilai orang pertama dari penampilannya. Kalau sudah berpakaian ‘necis’ orang pasti percaya. Tapi, kalau berpakaian urak-urakan apapun jabatannya orang jadi ragu,” ujar H AL Haris.

H Al Haris mengucapkan terima kasih tak terhingga, kepada H Sibawaihi dan isteri, yang telah mengabdi untuk kemajuan Kabupaten Merangin. Apapun yang menjadi prestasi daerah, tidak terlepas dari peran Sekda H Sibawaihi.

H Sibawaihi yang telah memasuki masa purna bhakti pada 8 November 2018, dinilai telah banyak berbuat untuk daerah tercintanya Kabupaten Merangin.

“Semoga Abang dan Ayuk selalu sehat,” harap Bupati H Al Haris, seraya mengakui masih membutuhkan bimbingan dan petuah dari H Sibawaihi, yang sudah banyak ‘makan asam garam’ di birokrasi. Suka dan duka PNS telah dialami, mulai dari pangkat II/a hingga pensiun berpangkat IV/e.

“Jadi, Abang H Sibawaihi ini, jabatan yang diraihnya sudah lengkap ditingkat puncak. Sebagai Sekda dengan pensiun IV/e tertinggi di Indonesia, ditambah sebagai Plh Bupati Merangin, jadi lengkaplah sudah jabatannya,” ujar H Al Haris.

Sejak 2001 lalu H Sibawaihi dan H Al Haris sudah saling kenal. Waktu itu kenang Bang Bawai (sapaan akrab H Sibawaihi), ketika sama-sama menyaksikan acara pembukaan MTQ tingkat Provinsi Jambi.

Waktu itu, H Sibawaihi menjabat sebagai Kabag Kesra Merangin, yang cukup terharu dengan Lurah Selamet, Al Haris waktu itu, serius sekali menyaksikan penampilan para kafilah Merangin dari awal sampai akhir acara.

“Saya lalu bertanya mengapa Pak Lurah sangat merespon dengan Merangin. Lalu Pak Al Haris menjawab, saya orang Merangin. Saya juga orang Merangin, kata Kabag Kesra,” kenang H Sibawaihi.

Selama menjabat sebagai Lurah, jelas H Sibawaihi, Al Haris sangat menghargai seniornya. Bila ada ketua RT yang lebih tua darinya, apabila ada surat Lurah Al Haris langsung yang mengantarnya. “Ini sangat luar biasa,” tegas H Sibawaihi.

H Sibawaihi mangaku sangat kagum dengan kepintaran dan keberhasilan H Al Haris, diberbagai bidang. Bagi H Sibawaihi, H Al Haris adalah pemimpin Merangin yang cemerlang dan pemimpin masa depan Jambi yang sempurna.

“Terima kasih kepada H Al Haris atas berbagai bantuannya. Termasuk saya bisa pensiun dengan pangkat IV/e, juga atas bantuan Pak Bupati. Saya sudah 27 tahun 10 bulan bertugas, 8 November lalu pensiun,” terang H Sibawaihi.

Pertama bertugas dengan pangkat II/a menjadi seorang guru di Tanjab Barat, kemudian dipindahkan menjadi tenaga administrasi di Tanjab Timur, lalu ke Kota Jambi dan balik ke Tabir, Merangin.

“Pada 1981 sampai 1995, saya menjadi guru di Tabir, waktu itu Lurah Rantau Panjang dijabat Jangcik Mohza. Saya pernah menjadi guru teladan nasional, Pemuda Pelopor nasional, karang taruna nasional dan lainnya,” papar H Sibawaihi.***


Kategori Merangin

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.