Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:42

H Al Haris : Lagi, Geopark Merangin Siap Dinilai UNESCO

Laporan Teguh


Bupati Merangin H Al Haris ( 2 dari kiri) (foto Humas)
INFOJAMBI.COM – Geopark Merangin yang masuk dalam Geopark Nasional telah siap dinilai kembali oleh UNESCO, yang akan dilakukan di Persncis tahun depan, sementara berbagai sarana penunjang dan kearifan lokal juga telah disiapkan secara matang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris pada acara Konferensi Nasional I Geopark Indonesia, pada Kamis (12/7/2018) di Gedung Bappenas Jakarta Pusat, dimana pada acara yang dibuka Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan tersebut, bupati menegaskan untuk kali ini Merangin tidak mau gagal kembali dalam penilaian.

“Saya akan terus berupaya agar Geopark Merangin bisa berkembang dan masuk dalam Gugusan Geopark Dunia yang diakui UNESCO, “ujar Bupati usai menghadiri Konferensi Nasional I Geopark Indonesia di Bappenas Jakarta Pusat.

Dijelaskan bupati, Geopark Merangin masuk dalam delapan Geopark Nasional di Indonesia, dimana Geopark Merangin merupakan salah satu fosil tertua dan juga terlengkap di dunia.

Bupati meminta Menko Kemaritiman RI, Menteri Pariwisata RI Arif Yahya, Kepala Bappenas RI Bambang Brodjonegoro dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf, bisa membantu percepatan menuju Geopark Dunia.

Para menteri itu diharapkan, bisa memberi semangat dan motivasi serta bantuan dana, guna pengembangan Geopark Merangin – Jambi. Diakui bupati saat ini Pemerintah Pusat sudah serius mengolah geopark.

“Alhamdulillah pada penilaian UNESCO 2019 nanti, Geopark Merangin bisa lolos, sehingga statusnya naik dari Geopark Merangin menjadi Geopark Dunia. Untuk itu Geopark Merangin akan terus kita kembangkan, “tegas Bupati.

Pada acara Konferensi Nasional I Geopark Indonesia tersebut, Merangin membuka stand Geopark Merangin, menampilkan berbagai kerajian dan informasi tentang Geopark Merangin.

Sementara itu Menko Kemaritiman RI mengakui, potensi Geopark Merangin sangat besar bisa diakui dunia. Untuk itu Menko berharap masyarakat Merangin bisa bersama-sama bisa membawa wisatawan lokal ini ke kalas dunia.

“Geopark Merangin sangat unik dan langka, karena fosil di Merangin sangat tua dan lengkap disana. Ini merupakan hal yang luar biasa agar bisa di promosikan lagi, “ujar Menko Kemaritiman RI.

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Merangin,Wisata - Seni - Budaya

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.