Jumat, 20 Oktober 2017 | 17:24

H Al Haris : Menghadiri Apel Pelajar Bersama Setir Mobil Sendiri

H Al Haris memberikan suapan nasi tumpeng untuk guru ll Teguh
H Al Haris memberikan suapan nasi tumpeng untuk guru ll Teguh

BANGKO – Karena harus datang lebih awal, untuk menghadiri apel pelajar bersama di SMAN 13, Bupati Merangin, H Al Haris, menyetir sendiri menggunakan mobil dinasnya.

Apel gabungan pelajar SD, SMP, MTs dan SMA itu, dimulai pukul 07.15 Wib, berlangsung di halaman SMAN 13 Merangin, di Desa Kampung Lima Kecamatan Margo Tabir, Senin (28/11).

Dalam amanatnya, Bupati Al Haris, minta agar para pelajar lebih fokus dalam belajar dan menunut ilmu.

“Jaga diri baik-baik, berhati-hatilah dalam pergaulan, terutama diluar lingkungan sekolah. Saat ini pengaruh lingkungan dan teknologi sangat luar biasa,” ujar Bupati.

Para pelajar juga diminta berhati-hati dalam menggunakan dan berkomentar di media sosial. Sekarang ini sudah ada undang-undang ITE, yang bisa menjerat berbagai komentar negatif di media sosial.

Bupati menegaskan, agar para pelajar jangan ‘patah arang’. Artinya, kemiskinan jangan dijadikan alasan untuk tidak bisa berprestasi. Percayalah, kemiskinan bukan penghalang, tapi jadikanlah kemiskinan itu sebagai pendidikan. Sebagai seorang anak, para pelajar harus bisa menjadi kebanggaan para orang tuanya.

“Saya ini anak seorang petani miskin. Pagi saya motong karet, siangnya saya sekolah. Pagi saya menjual koran, siangnya saya sekolah. Alhamdulillah karena tekun bersekolah, saya bisa jadi Bupati,” kata H Al Haris.

Begitu juga para pendidik, seorang guru harus mampu menciptakan anak didiknya, siap menghadapi Bonusbiografi 2020 nanti. Anak-anak harus dibekali kemampuan untuk bersaing, sehingga tidak menjadi anak yang menganggur.

“Minimal anak-anak harus bisa berbahasa Inggris aktif, sehingga bisa berkomunikasi dengan baik untuk mencari peluang pekerjaan. Anak yang bisa berbahasa Inggris paling tidak bisa menjadi pemandu wisata,” terang Bupati.

Wali murid, diminta agar jangan bosan-bosan mengawasi aktivitas anaknya. Didik anak di luar jam sekolah dengan baik, termasuk soal ibadahnya.Buatlah grup wali murid, untuk mengawasi anak-anak kita, saran Bupati.

Di penghujung acara, para guru dan pelajar memberi kejutan nasi tumpeng hadiah ulang tahun Bupati Merangin, H Al Haris ke-43. Sebagai ungkapan terimas kasih, H Al Haris, juga mengucapkan selamat Hari Guru, dan memberikan suapan nasi tumpeng kepada Kepala SMAN 13, Hartono. (infojambi.com/A)

Laporan : Teguh

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.