H Al Haris: Pembangunan di Merangin Sudah Sesuai Harapan Presiden

Bupati Merangin H Al Haris dan Presiden Jokowi terlihat akrab. ll Foto : Teguh

BANGKO – Apkasi Otonomi Expo dan Rakernas dan Rakernas Apkasi X, dibuka Presiden Joko Widodo, dua hari lalu, terbilang salah satu event bergengsi bagi daerah-daerah untuk mempromosikan potensi dan produk unggulan daerahnya melalui stand-stand terbuka.

Ternyata partisipasi Kabupaten Merangin dalam event akbar digelar di Jakarta Convention Centre, (JCC) itu, membuat Presiden Jokowi dan ribuan pengunjung, termasuk para Bupati seluruh Indonesia terlihat takjub.

“Ada sejumlah produk unggulan yang kita tawarkan, mulai dari kopi dan potensi investasi pembuatan pabriknya, aneka kerajinan Batu Sungkai dan aneka produk yang tidak ada di kabupaten lainnya,” ujar Bupati Merangin, H Al Haris.

Menurut H Al Haris, di Apkasi Otonomi Expo itu, tak hanya para invetor lokal yang melirik Kabupaten Merangin sebagai daerah berpeluang investasi yang menjanjikan, tapi juga para investor dari luar negeri, katanya.

Sejumlah pejabat yang tergabung di Apkasi sangat bangga kepada H Al Haris, yang mampu melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan otomotif di Jepang. Berkat ilmu loby-nya, H Al Haris sukses mendapatkan bantuan dua unit ambulance dari Toyota.

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutannya, meminta kepada para Bupati yang tergabung dalam Apkasi, untuk tidak lagi berpikir konvensional dan tradisional yang menurutnya tidak produktif. Seharusnya, setiap Kepala Daerah mampu berpikir inovatif, kreatif, dan entrepreneurship (kewirausahaan).

“Jangan kita terjebak dengan kerja rutinitas yang itu-itu saja, linier dan tidak berani bertindak untuk terobosan,” tegas Presiden.

Jokowi mengatakan, jika perubahan teknologi itu tidak diikuti, maka Indonesia akan menjadi Negara yang tertinggal. Tentu dalam mambangun daerah, Presiden minta masing-masing Bupati/Walikota harus punya unggulan pembangunan.

Menyikapi pernyataan Jokowi, H Al Haris mengatakan, dirinya telah melaksanakan apa yang dipinta Presiden.

“Dalam mambangun kita juga punya skala prioritas dan ada pembanguan multiyears. Jadi anggaran tidak dibagi rata, sesuai saran Presiden,” kata Bupati Al Haris. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.