H Al Haris Tanam Perdana Program Replanting Sawit

Al Haris tanam perdana replanting kelapa sawit.

INFOJAMBI.COM – Bupati Merangin H Al Haris, Kamis (19/10), melakukan penanaman perdana program peremajaan (replanting) kebun kepala sawit, di Desa Pinang Merah Kecamatan Pemenang Barat.

Untuk me-replanting kebun kelapa sawit warga di Desa tersebut, Bupati merangkul Korsa Tri Karsa dan PT Kresna Duta Agroindo dibawah bendera PT Sinarmas, sebagai pengelolanya.

“Setidaknya di tahun 2018, ada kebun kelapa sawit yang akan direplanting, sudah disepakati 500 hektar. Tapi, kita minta tambah menjadi 1000 hektar. Tujuannya agar seluruh masyarakat, ikut semua program replanting sawit ini,” ujar Bupati Al Haris.

Lewat program replanting sawit ini, Al Haris, berharap kehidupan para petani sawit, bisa lebih sejahtera. Mengingat selama ini, mereka hanya menggantungkan hidupnya pada kebun sawit yang sudah tidak produktif lagi.

Jika kebun warga sudah kembali produktif, tentu penghasilan para petani di Kabupaten Merangin dapat meningkat dan hidup sejahtera, mampu memenuhi semua kebutuhan hidupnya.

Bupati akan terus memperjuangkan bagaimana seluruh kebuh-kebun sawit sudah tua di daerahnya dapat di-replanting semua, secara bertahap setiap tahunnya. Untuk itu dia sangat berharap, kepada para petani, agar mendukung sepenuhnya program replanting sawit ini.

“Nanti tolong para petani lengkapi semua surat-surat kepemilikan kebunnya,” pinta Bupati.

Sementara CEO PT Kresna Duta Agroindo, Ben Josuwa, menegaskan, program replanting sawit yang sudah berjalan dan hendaknya terus berlanjut tanpa terjadi kendala. Diakuinya, berbagai kendala sering kali terjadi.

“Kendala itu misalnya, masalah ketidak-sediaan petani menyerahkan lahannya, untuk direplanting, kelengkapan dokumen kepemilikan lahan dan pentingnya komitmen,” ujar Ben Josuwa.

Namun demikian, Ben Josuwa yakin, program replanting kebun sawit yang telah dilakukan bisa berjalan lancar, tanpa terjadi kendala. Nanti lanjutnya, petani pemilik kebun bisa saja bekerja di kebun yang akan replanting. ( Teguh – Merangin )

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.