Minggu, 25 Juni 2017 | 00:30

H Al Haris Terima Penghargaan Warisan Budaya

Musik Kalinong Merangin diakui jadi budaya warisan nasional ll Teguh

BANGKO – Bupati Merangin, H Al Haris, kembali menerima Penghargaan Warisan Budaya Tak Benda, karena dinilai telah bekerja keras dalam melestarikan keberadaan Musik Kalinong yang sekarang sudah diakui menjadi kesenian musik nasional.

Prestasi yang membanggakan itu, diberikan Kenterian Kebudayaan RI, diserahkan Gubernur Jambi, H Zumi Zola, pada acara Apresiasi Seni Melayu Jambi Simponi Anak Negeri 2017 di Ratu Convention Centre, Jumat lalu.

“Kita berharap Musik Kalinong akan terus terjaga selamanya, sampai anak cucu kita,” ujar Bupati.

Bupati merasa bersyukur, karena seni musik Merangin sudah diakui dan diterima oleh masyarakat luas di tingkat nasional. Ini artinya, tegas Al Haris, Musik Kalinong tidak hanya milik masyarakat Merangin atau Provinsi Jambi saja, tapi sudah menjadi warisan nasional Indonesia, sekaligus menambah koleksi budaya Merangin dalam budaya nasional.

“Kedepan saya berharap masih banyak lagi seni budaya kita, terus diangkat untuk diakui di nasional. Sangat banyak tari-tarian atau budaya khas kita yang hampir punah,” terang Bupati.

Sekarang ini menurut Bupati, pihaknya sedang merancang paket perjalanan wisata tujuan Kabupaten Merangin. Mengajak biro-biro perjalanan wisata di Tanah Air, untuk menggarap program Paket Kunjungan wisata ke daerahnya. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.