Jumat, 16 November 2018 | 10:43

H Fachrori Umar Terima Kunjungan Komisi II DPR RI

ADVERTORIAL

Kunungan anggota Komisi II DPR RI ke Jambi.

INFOJAMBI.COM – Plt.Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, menerima kunjungan 11 orang anggota Komisi II DPR RI, dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR, Nihayatul Wafiroh. Pertemuan dilaksanakan diruang utama kantor Gubernur Jambi, Selasa (9/10/2018).

Hadir dikesempatan itu, Karo Pemerintahan Rahmad Hidayat, Karo Organisasi Yazirman, Kepala Kesbangpol Asnawi, Kepala Dukcapil Arief Munandar, SE. Hadir pula perwakilan KPU, Bawaslu Provinsi Jambi.

Dikatakan Fachrori, bahwa Pempro Jambi akan berupaya sebaik mungkin mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019. Kunjungan Komisi II DPR RI itu juga membahas soal pemilu, pelayanan publik, dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Menurut Plt Gubernur, Provinsi Jambi sudah siap 95 % untuk penyelenggaraan pemilu 2019.

“Pada April 2019 merupakan Pemilu pertama yang akan melaksanakan pemilihan legislatif serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Jika pelaksanaan Pemilu 2019 berhasil, maka Indonesia akan bisa menjadi kiblat dunia dalam proses demokrasi,” ujar Fachrori.

Untuk itu penyelenggara Pemilu dituntut untuk mampu bekerja secara professional, sebab Pemilu 2019 sangat berbeda dengan penyelenggaraan pesta demokrasi pada tahun-tahun sebelumnya. Kita harus bekerja keras, bersinergi dan kita harus independen serta menolak segala bentuk intervensi yang bisa merusak citra Indonesia, sebagai negara demokratis di forum dunia.

“Tolok ukur Pemilu tahun 2019, adalah terjaganya aspek stabilitas nasional, meningkatnya kualitas demokrasi yang bermartabat, meningkatnya jumlah partisipasi pemilih serta terpilihnya anggota legislative, Presiden dan Wakil Presiden yang berintegritas,” ujar Fachrori.

Masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama, kata Fachrori, yaitu penyelesaian perekaman E-KTP , saat ini telah selesai sekitar 93 persen.

“Ada beberapa pekerjaan yang masih harus kita selesaikan terutama tentang E-KTP masih sekitar 7 % lagi yang harus diselesaikan, diantaranya data KTP untuk warga Suku Anak Dalam yang belum keseluruhan melakukan perekaman, dan kita akan terus berupaya untuk menyelesaikannya, papar Ptl. Gubernur.

Kami berusaha maksimal, agar warga yang belum melakukan perekaman e-KTP dapat segera terekam, sehingga di 2019 mendatang bisa mendapatkan hak untuk berpartisipasi pada Pilpres dan Pileg 2019, pungkas Fachrori.

Sementara Wakil Ketua Komisi II DPR, Nihayatul Wafiroh, mengatakan, komisi II DPR RI, bertugas membidangi pemerintahan, aparatur negara dan Reformasi birokrasi, pertanahan serta kepemiluan.

Menurut Nihayatul Wafiroh, ada banyak aturan yang baru, bahkan adanya kewajiban setiap warga Negara memiliki e-KTP elektronik. Untuk Pemilu 2019 harus menggunakan KTP elektronik, jadi kepentingan kita untuk berdiskusi dengan Dukcapil kaitannya dengan KTP elektronik.

“Saya pikir Provinsi Jambi sudah sangat siap, untuk pelaksanaan Pemilu. Saya melihat 80% sudah siap, karena kita dasarnya adalah e-KTP dan seperti disampaikan sudah 93, 8% sudah melakukan perekaman. Itu adalah capaian luar biasa, tinggal 6,7 persen yang belum melakukan perekaman diharapkan hingga Desember ini rekaman selesai,”kata Nihayatul.

Memang ada beberapa hambatan, bahwa masalahnya adalah sinyal internet, karena KTP elektronik itu harus online dan kami dari komisi II, sudah menyetujui untuk merevitalisasi perlengkapan yang menunjang kelancaran perekaman KTP elektronik, ”ujar Nihayatul menambahkan. ( Maria/Roni )

Editor : M Asrori S


Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.