H M Dianto : Keselamatan Kerja itu Penting

Sekdaprov H M Dianto (tengah).

INFOJAMBI.COM – Sekda Provinsi Jambi, H.M. Dianto, mengingatkan, semua perusahaan wajib memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), guna mendorong peningkatan kualitas dan produktivitas kerja.

H M Dianto mengatakan hal itu, saat mempinin pengingatan Hari K3, mengusung tema “Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kita Bentuk Bangsa yang Berkarakter” berlangsung di Perumahan Citra Raya City Mendalo, Kamis (8/3/).

Peringatan Hari K3 tahun 2018 ini, merupakan tahun keempat bagi bangsa Indonesia yang secara terus menerus berjuang berperan aktif dan bekerja secara kolektif dalam mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 Tahun 2020.

Sekda mengingatkan, semua perusahaan terhadap pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, yang sangat mendorong peningkatan kualitas dan produktivitas kerja.

Pemerintah saat ini masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur, antara lain fasilitas transportasi udara, darat maupun laut serta sarana prasarana penunjang lainnya, ujar M Dianto.

“Program pembangunan tersebut harus didukung dengan penerapan K3, agar pelaksanaannya tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” sampai Sekda.

Menurut Sekda, kecelakaan kerja terjadi seperti kebakaran, runtuhnya konstruksi dan peledakan yang harus menjadi perhatian semua pihak, karena kecelakaan kerja berdampak terhadap kerugian material, korban jiwa, gangguan kesehatan dan mengganggu proses produksi.

“Perlu upaya nyata untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja secara maksimal,” lanjut Sekda.

UU Nomor 1 Tahun 1970, tentang Keselamatan Kerja mengatur pelaksanaan K3 di semua tempat kerja bertujuan agar tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja terjamin keselamatannya, peralatan, aset, dan sumber produksi dapat dipergunakan secara aman dan efisien, agar terhindar dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

“Kementerian Ketenagakerjaan sebagai pemegang kebijakan nasional sangat mengharapkan dukungan Pemerintah Derah, lembaga masyarakat industri untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan K3,” jelas Sekda.

Peringatan K3 diikuti berbagai pihak, termasuk aparat kepolisian. Usai pelaksanaan upacara, para undangan disuguhkan dengan atraksi beladiri kempo dilanjutkan dengan pemberian piagam serta pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan. ( Raihan – Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.