H Safrial Dukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Laporan Raini

Suasana Rakor bersama Pengelolaan Lingkungan Kawasan Pantai Timur Sumatera.

INFOJAMBI.COM – Bupati Tanjung Jabung Barat, H Safrial, mengatakan, bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Barat siap mendukung dan mewujudkan Nawacita Presiden Jokowi, untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kesiapan dan dukungan itu disampaikan H Safrial, dihadapan peserta rapat koordinasi bersama Pengelolaan Lingkungan Kawasan Pantai Timur Sumatera, di gedung balai pertemuan Kuala Tungkal, Jumat (24/8/2018).

Menurut H Safrial, mengingat bahwa posisi Tanjung Jabung Barat dekat dengan Laut China Selatan dan memiliki potensi kawasan hutan mangrove terbesar keempat di Indonesia.

“Tentunya dengan terjaganya ekosistem hutan mangrove, otomatis ekosistem laut juga akan terjaga baik ikan, udang maupun kepeting dan ini menjadi nilai tambah bagi para nelayan kita”, kata Safrial.

Asisten Deputi Lingkungan Maritim Kementrian koordinator bidang Maritim, Sahat M. Panggabean, mengatakan, pertemuan ini membahas bahan Bupati untuk pertemuan Nasional. Kita sepakat, Tanjab Barat menjadi lokasi sekretariat lingkungan kawasan pantai Timur sumatera.

“Harapan kami, selain membentuk tim bersama, kita juga akan menyusun rencana aksi pengelolaan kawasan pantai timur Sumatera,” ujar Sahat, seraya menambahkan, bahwa hasil rakor akan dibawa ke tingkat Nasional lalu tingkat dunia.

Peserta rakor menyepakati beberapa hal, diantaranya pembentukan sekretariat bersama pengelolaan lingkungan kawasan pantai timur, rencana aksi, pendanaan rencana aksi yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan dana CSR.

Dikatakan, bahwa sekretariat bersama berada di kantor Bappeda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sementara strukturnya akan dibahas di Kementrian Koordinator Maritim, di Jakarta, kata Sahat.

Rakor juga dihadiri, peneliti senior pusat kajian sumber daya pesisir dan laut IPB, Prof. Dr. Ir. Rokhin Dahuri, MS. Wabup, H Amir Sakib, Kapolres, Dandim 0419/Tanjab, Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Musi Banyuasin, Universitas Batanghari Jambi.

Peserta rakor lainnya ada Kepala OPD Tanjab Barat, Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Provinsi Kepulauan Riau, DKP, Bappeda Provinsi Jambi, Kadis Perikanan Inhil, Kadis DLHK Inhil, DLH Provinsi Bangka Belitung.***

Editor : M Asrori S

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.