Hadapi Kemarau, Ini Strategi Bupati Tanjabbar…

Bupati Tanjabbar, H Safrial MS

KUALATUNGKAL — Menghadapi kemarau panjang tahun ini, Bupati Tanjabbar, Safrial MS, mengintruksikan kepada Kepala BPBD Tanjabbar agar siap siaga menghadapi kebakaran lahan gambut.

“Saya minta OPD yang menangani kebakararan lahan gambut, baik damkar maupun BPBD, selalu berkoordinasi dan bekerjasama. Mudah–mudahan 2017 kebakaran bisa diperkecil dari 2016,” kata Safrial, di Kuala Tungkal.

Safrial menjelaskan, sebentar lagi kemarau panjang terjadi. Menurut ramalan akan lebih parah dari tahun sebelumnya. Camat telah diintruksikan supaya berkoordinasi dengan koramil, polsek dan kepala desa soal patroli.

Safrial juga minta dinas perkebunan dan dinas terkait lainnya mengecek seluruh peralatan yang ada di perusahaan, seperti menara api dan embung air. Kanal-kanal yang tidak digunakan sebaiknya ditutup muaranya dari sekarang.

Sebuah perusahaan di Tanjabbar jarang mengalami kebakaran. Perusahaan itu membuat embung air. Pasalnya, sifat lahan gambut minimal 30 cm dari permukaan harus selalu ada air. Dengan embung maka air akan selalu ada.

“Dandim intruksikan koramil dan babinsa. Begitu juga kapolres dan jajaran di bawah, berkoordinasi dengan camat dan kepala desa. Kita ingin mencegah kebakaran lahan dan hutan ini,” ujar Safrial.

Safrial menegaskan, sebelum kemarau, semua aparat hendaknya sudah berjaga-jaga di lapangan. OPD yang menangani kebakaran agar selalu bersinergi. “Saya mohon kerjasama yang baik,” ujarnya. (infojambi.com/d)

Laporan : Raini

 

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.