Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri, Kebijakan Pusat Ini Perlu Diketahui Rakyat

Penulis : Penrem 042 || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Kasiter Korem 042/Gapu, Kolonel ARH Mokhamad Ibnu Sukelan mewakili Danrem 042/Gapu, hadir pada rapat koordinasi bersama forkopimda Provinsi Jambi, di ruang rapat Gubernur Jambi, Jum’at (16/4/2021).

Dalam rapat itu disampaikan hasil Rakor Gubernur seluruh Indonesia bersama Menkopolhukam, Mahfud MD, dalam meningkatkan sinergitas dan koordinasi keamanan dan penegakan hukum menyambut Ramadan, mudik dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Rakor itu dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, dan BIN.

Hasil rakor menetapkan kebijakan larangan mudik pada masa Idul fitri 1442 H. Itu dirasakan sudah tepat, guna mencegah penyebaran dan peningkatan angka aktif Covid-19.

Kebijakan tersebut diharap dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan tidak menjadi blunder dalam pelaksanaannya. Perlu dilakukan edukasi dan sosialisasi secara masif mengapa kebijakan larangan mudik ini perlu dilakukan.

Selain itu, kebijakan ini harus dikawal pelaksanaannya secara konsisten disertai sanksi yang tegas namun tetap humanis.

Mahfud MD menjelaskan, Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan Peraturan Menteri yang merujuk Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dalam melakukan pengendalian di seluruh moda transportasi, mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

Pengawasannya dibantu oleh Polri, TNI, stakeholder terkait dan pemerintah daerah di 333 titik check point.

Terkait stabilitas ekonomi jelang Ramadhan dan Idul fitri, Mahfud MD menyampaikan empat hal, diantaranya mencegah penimbunan sembako, pengendalian harga sembako, program bantuan sosial pemerintah, dan kebijakan gratis ongkir belanja online.

Disamping menyampaikan arahan Menkopolhukam, juga disampaikan arahan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Kasiter Kasrem 042/Gapu mengajak umat Islam meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat tetap patuh anjuran pemerintah khususnya protokol kesehatan, karena kondisi pandemi yang belum berlalu. Salah satunya soal pelarangan mudik.

“Semua ini demi kebaikan bersama, apalagi pandemi Covid-19 masih terjadi, jangan sampai begitu kita mudik justru terpapar Covid-19 dan menjadi klaster baru,” ujar Kolonel Ibnu Sukelan.

Hadir dalam acara tersebut Pj Gubernur Jambi, Ketua DPRD Jambi, Kasiter Kasrem 042/Gapu, Kasi Intel Kajati Jambi, Dirkrimsus Polda Jambi, Kabinda Jambi, Kakemenag Provinsi Jambi, Kasatpol PP Prov Jambi.

Acara berjalan tertib dan lancar dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.