Hadapi Situasi Krisis, Empat Pilar MPR Pengikat Indonesia

Penulis : Bambang Subagio || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid mengungkapkan, nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat pada Empat Pilar MPR, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, bisa berfungsi sebagai pengikat bangsa Indonesia.

Apalagi saat menghadapi krisis, termasuk fenomena merebaknya wabah virus Corona atau COVID-19 yang sudah masuk ke wilayah Indonesia.

Ketika krisis merebaknya wabah corona mulai terjadi dan menimbulkan keresahan di seluruh dunia, dan kemudian menyentuh wilayah Indonesia, dengan terjangkitnya 2 WNI di Depok, Jawa Barat.

Sebenarnya karakter rakyat Indonesia yang terbiasa saling menolong, membantu, bergotong royong dalam menghadapi masalah, merupakan perwujudan nilai Empat Pilar, rakyat Indonesia menghadapinya dengan biasa saja namun tetap waspada.

“Nilai-nilai Empat Pilar mampu mengikat seluruh kekuatan yang ada dari berbagai elemen bangsa Indonesia, menjadi satu kekuatan utuh tak tergoyahkan dan bersiap menghadapi krisis serta mencari solusinya,” kata Jazilul, saat menjadi narasumber Diskusi Empat Pilar MPR bertema ‘Penerapan Empat Pilar Kebangsaan Dalam Situasi Krisis’, di Media Center MPR/DPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Hal senada dikatakan, Syaifullah Tamliha. Menurutnya nilai-nilai luhur Empat Pilar yang sudah menjadi karakter bangsa Indonesia memang menjadi pengikat bangsa ini dalam menghadapi krisis seperti wabah virus corona ini.

“Titik tekannya disitu, menjaga kesatuan dan persatuan serta kebhinnekaan di segala situasi. Karena, semuanya itu sudah kita miliki sejak lama, jangan biarkan hancur karena krisis virus,” tegasnya. ***

Kategori Nasional

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.