Hadiri HUT Agraria, Danrem Garuda Putih Minta Sengketa Lahan Segera Diselesaikan

Penulis : Tim Liputan | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – HUT ke-61 Agraria Nasional diperingati juga di Provinsi Jambi. Acara dipusatkan di halaman Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Jumat (24/9/2021).

Gubernur Jambi, H Al Haris, bersama Komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI M Zulkifli, ikut hadir pada acara itu. Acara ini mengusung tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang Pertanahan”.

Upacara diikuti oleh para ASN Kementerian Agraria dan Tata Ruang Provinsi Jambi. Bertindak selaku inspektur upacara, Gubernur Jambi Al Haris.

Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional, DR Sofyan A Djalil melalui Gubernur Jambi minta percepatan legalisasi aset secara sistematik.

Selain itu, pengadaan tanah untuk mendukung program strategi pembangunan, serta pelaksanaan reforma agraria dilaksanakan sesegera mungkin.

Gubernur Jambi menaruh harapan besar dipermudahnya perizinan di bidang pertanahan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih pemilik tanah dan izin penggarapannya.

“Saya berharap agar pelayanan dalam perizinan yang berkaitan dengan lahan dipermudah, sehingga penerapan UU Agraria dapat tercapai, dan menyerap tenaga kerja di Provinsi Jambi,” jelasnya.

Sementara itu, Danrem 042/Gapu, Brigjen M Zulkifli mengingatkan agar dipercepatnya penyelesaian lahan-lahan sengketa yang belum tuntas. Potensi konflik dapat timbul dari tidak tuntasnya penyelesaian lahan sengketa.

“Jangan biarkan mafia tanah berkembang, telusuri dan tindak mereka sesuai supremasi hukum, sehingga penyerobotan lahan oleh oknum dapat diminimalisir,” tegas jenderal bintang satu ini.

Upacara ditutup dengan penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 12 PNS Agraria. Acara ini diselenggarakan secara sederhana dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.