Hama Lalat Serang Pemukiman Warga

Penulis : Andra Rawas
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM – Pemukian warga di Desa Sukamaju, Mestong, Kabupaten Muarojambi sejak tiga tahun terakhir diteror hama lalat.

Lalat itu diduga berasal dari kandang peternakan ayam. Serangan ribuan lalat menghantui warga setiap hari, karena bisa berdampak membawa penyakit.

Eka (37), warga Desa Sukamaju KM.13, Mestong, setiap hari disibukkan dengan mengusir lalat yang masuk ke dalam rumahnya, mulai dari tempat tidur hingga dapur.

Kondisi ini juga dirasakan ibu-ibu lainnya. Narti misalnya. Dia yakin lalat datang dari kandang peternakan ayam yang berdekatan dengan pemukiman warga.

Selain mengancam kesehatan, hama lalat juga meneror usaha makanan warga sekitar. Pedagang makanan mengeluh karena sepi pembeli.

Eka minta pemilik peternakan ayam itu memikirkan dampak dari usahanya. Eka juga minta pemilik usaha itu menjalankan usaha dengan tidak merugikan orang lain.

Pengelola peternakan ayam, Dikin, mengklaim selalu memperhatikan kebersihan kandang ayamnya. Dia memiliki karyawan yang khusus bertugas membersihkan kandang.

Sejak berdirinya peternakan ayam ini warga sekitar resah. Warga minta perangkat desa melaporkan masalah ini ke dinas terkait.

“Tolong pemerintah kaji ulang peternakan ayam ini, agar sesuai dengan prosesdur yang berlaku,” kata Eka. #

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.