Harga Cabai Terus Melonjak Naik

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : M ASRORI S

Pedagang Pasar Angso Duo Kota Jambi (Foto/Rifky Rhomadoni).

INFOJAMBI.COM – Stok cabai merah disejumlah pasar di Kota Jambi, belakangan mulai menipis, kondisi itu mengakibatkan harganya terus merangkak naik.

Setidaknya, harga cabai merah, Senin 15 juli 2019 hingga menyentuh harga Rp 70 ribu per kg. Kondisi itu disebabkan karean semakin berkurangnya pasokan cabai merah untuk Provinsi Jambi. Biasanya cabai merah dipasok dari luar Sumatera, seperti Jawa Tengah dan sebagainya.

Pasokan cabai merah untuk pasar di Jambi, 70 % berasal dari Provinsi Jawa Tengah, dan hanya 30% dari dalam Provinsi Jambi. Penyebabnya, dikarenakan cabai dari Jawa Tengah itu memiliki tekstur yang lebih kering dan rasa yang lebih pedas. Hal ini juga yang menjadikan cabai dari jawa lebih diminati.

Namun, saat ini karena memasuki cuaca musim kemarau, stok dan pasokan cabai mulai di sejumlah pasar di Kota Jambi mulai mengalami langka dan menipis.

Kadis Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah, mengatakan, kebutuhan cabai provinsi Jambi tiap harinya, mencapai 30 ton dan sekarang yang terjadi cabai yang masuk ke daerah Jambi, hanya berkisar 10-12 ton per hari.

Guna mencukupi kebutuhan cabai sebagai salah satu kebutuhan, kata Ariansyah, seperti sekarang ini masyarakat juga diharuskan penghematan dalam mengkonsumsi cabai serta mengkonsumsi cabai kering juga bisa menjadi alternative.***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.