Haris dan Khafid Pantau Pilkades

INFOJAMBI.COM — Bupati Merangin H Al Haris memantu pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Sabtu (7/0), ke kawasan Tabir. Ada dua kecamatan yang dipantau, yakni Tabir dan Tabir Timur.

Pertama bupati memantau pelaksanaan pilkades di Desa Seling, Kecamatan Tabir. Di desa tersebut ada 1.569 mata pilih yang terdaftar di meja panitia, dengan lima calon kades.

Kelima calon kades yang merebut simpati masyarakat adalah Abdul Naim, Mustafa Sarif, Hasan, M Azar dan Hasanawi.

Menariknya, saat bupati berada di TPS, di balai desa, puluhan warga Merangin asal Jawa protes, karena namanya tidak tercantum sebagai pemilih. Konon warga Jawa dilarang memilih oleh panitia.


Melihat kondisi itu Bupati langsung tanggap menyelesaikan masalah yang terjadi. “Jangan ada silang pendapat antar warga dan antar panitia pilkades, kita semua keluarga,” ujarnya.

Bupati menegaskan, semua masyarakat mempunyai hak pilih sesuai ketentuan di perbup. Setelah tinggal lebih dari enam bulan di desa, memiliki KTP dan kartu keluarga, mereka berhak memilih.

Setelah memastikan pilkades di Desa Seling, bupati bertolak ke Desa Sungai Limau, Tabir Timur. Ada 1.173 mata pilih di desa tersebut.
Di desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tebo itu, bupati disambut luar biasa oleh masyarakat setempat. Bupati langsung melihat papan hasil penghitungan suara yang baru saja berakhir.

Ada empat calon kades di desa paling ujung Merangin itu. Mereka adalah Endang Saipudin, Parman Setepu, Suhadi dan Zaidun.

Sesuai penghitungan suara, Parman Setepu unggul dengan jumlah suara 376 atau 40,78 persen dan sebanyak 16 suara hangus.

Bupati berharap pilkades serentak yang diikuti 20 desa di 12 kecamatan melahirkan para pemimpin yang amanah dan giat bekerja dengan berbagai inovasi membangun desa.

“Siapapun yang terpilih rangkullah calon kades yang kalah. Libatkan mereka dalam membangun desa, sebab ketika pilkades berakhir semua harus menyatu lagi dan itulah politik,” tegas Bupati.

Sementara itu, Wakil Bupati Merangin, HA Khafid Moein, memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di Kecamatan Sungai Manau. Ada dua desa yang dipantau.

Pilkades di Desa Tiangko berlangsung lancar dan aman. Ada 712 mata pilih di desa tersebut. Semuanya menggunakan hak pilih dengan baik.

Calon kades yang dipilih lima orang, yakini Kohruddin RZ, Buhari Muslim, M Romli, Jodi Ikbal dan M Razali.

Setelah memastikan pilkades di Desa Tiangko aman, Wabup bergeser ke Desa Bukit Batu, masih di Kecamatan Sungai Manau. Wabup disambut luar biasa oleh masyarakat.

Wabup memantau jalannya pilkades yang berlangsung di Balai Desa Bukit Batu. Ada tiga calon yang dipilih, yaitu M Sanin, Zulkifli Wung dan Zulkifli.

Ada 709 mata pilih di desa tersebut, semuanya sangat antusias menggunakan hak pilih. Tampak hadir Kepala BPMPD M Ladani dan Camat Sungai Manau Ahmad Azhar.

Wabup minta panitia pelaksana pilkades melaksanakan tugas dengan baik, jangan sampai terjadi kecurangan sedikitpun dan dalam bentuk apapun.

Kepada para calon kades, Wabup minta tetap menjaga silaturahmi. Siapapun yang terpilih, itulah pemimpin yang diamanahkan masyarakat untuk membangun desa.

“Tolong yang menang merangkul yang kalah. Semua harus ikut berperan dalam membangun desa. Jaga keamanan dan ketentraman. Jangan sampai pilkades menjadikan kita pecah,” ujar Wagub. (Teguh — Merangin)

 

Kategori Merangin

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.