Haris-Sani Tak Langsung Dilantik Jokowi, CE-Ratu Masih Punya Waktu

Laporan: Rahmad

Haris-Sani

INFOJAMBI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menetapkan Al Haris-Abdullah Sani sebagai Gubenur-Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2024.

Dalam rapat pleno penetapan rekapitulasi suara untuk pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang berlangsung di salah satu hotel berbintang di Kota Jambi, Kamis (3/6/2021).

Paslon Al Haris-Abdullah Sani meraih total 600.733. Sedangkan paslon Cek Endra (CE)-Ratu Munawaroh memperoleh suara 587.918 dan petahana Fachrori Umar- Irjen Pol Syafril Nursal hanya dapat suara 381.634.

“Suara Al Haris-Abdullah Sani adalah suara gabungan dari hasil Pilgub 9 Desember ditambah dengan hasil PSU di 88 TPS kemarin,” kata Ketua KPU Provinsi Jambi, Subhan.

Komisioner Bawaslu Jambi Fahrul Rozi menyebutkan PSU berjalan aman lancar dan kondusif. Bawaslu Jambi juga tidak menemukan adanya kejanggalan.

“Kita lihat semua saksi dari tiga paslon Pilgub Jambi semua juga sama-sama sepakat menandatangani atas hasil pleno yang telah diputuskan. Maka di PSU Pilgub Jambi semua sudah dijalankan sesuai dengan apa yang telah diputuskan oleh MK,” kata Fahrul Rozi.

Sementara itu, Karo Pemerintahan Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat menyebutkan, setelah pleno penetapan digelar maka tahapan berikutnya adalah menunggu selama tiga hari.

Langkah ini sebagai dasar bahwa daerah yang bersangkutan tidak terjadi perselisihan hasil pemilihan.

Jika tidak, sebut Rahmad, maka akan diteruskan ke DPRD untuk dilakukannya rapat paripurna. Selanjutnya dituangkan dalam berita acara risalah rapat paripurna dan dengan melengkapi persyaratan.

“Diusulkan ke Presiden Joko Widodo melalui Mendagri. Kita tunggu keppres pengangkatan gubernur-wakil gubernur terpilih dan jadwal pelantikan dari Setneg, yang akan disampaikan melalui kemendagri kepada kita. Jadi jadwal pelantikan menunggu kepastian dari pusat, kita berharap mudah-mudahan tidak terlalu lama,” katanya, menjawab pesan singkat Infojambi.com.

Kategori Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.