Hasbi Anshory Usulkan Prajurit Penemu Black Box Diberikan Penghargaan

LAPORAN : BS

INFOJAMBI.COM – Anggota Komisi I DPR RI, Hasbi Anshory memuji jajaran TNI AL yang bekerja keras membantu operasi SAR jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ182 dan menemukan kotak hitam pada Selasa (12/1/2021) lalu.

Atas kerja keras dan keberhasilan para personel TNI AL menemukan bagian casing dan baterai dari perekam suara kokpit atau Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. CVR adalah bagian dari kotak hitam atau black box pesawat.

“Saya secara pribadi memberi apresiasi kepada teman-teman tim penyelam TNI AL yang berhasil menemukan black box Sriwijaya Air. Personel TNI banyak bekerja keras di laut mencari jenazah korban dan serpihan pesawat,” kata Hasbi melalui keterangan tertulisnya,  Minggu (17/1/2021)

FDR hasil temuan TNI AL sudah diserahkan pihak TNI kepada Basarnas, yang kemudian menyerahkannya kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Saat ini tim SAR gabungan sedang berjibaku mencari CVR, yang akan sangat membantu investigasi KNKT untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat. Hasbi berharap agar kotak hitam CVR bisa cepat ditemukan.

Hasbi pun menggarisbawahi kinerja jajaran TNI dalam operasi penyelamatan Pesawat Sriwijaya SJ182 yang membawa 62 orang itu. Ia mendorong diberikannya penghargaan bagi personel TNI yang membantu proses evakuasi pesawat Sriwijaya.

“Kami mendukung agar personel TNI yang berjasa membantu proses evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air untuk mendapat reward. Bisa dengan kenaikan pangkat luar biasa, atau tanda jasa,” kata Wakil rakyat dapil Jambi tersebut.

Hasbi menilai perjuangan para personel TNI bukan hanya di medan perang saja. Hasbi mengingatkan soal tugas pokok selain perang bagi prajurit TNI.

Hasbi menjelaskan dalam UU Nomor 34 Tahun 2004, ada dua tugas pokok TNI, antara lain Operasi militer untuk perang dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satu tugas OMSP TNI yaitu membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“jika prajurit TNI berprestasi dalam tugasnya di OMSP, maka mereka juga berhak mendapat penghargaan. Para prajurit yang ikut operasi SAR Sriwijaya saya kira punya kapasitas yang baik untuk mendapat kenaikan pangkat luar biasa, terutama bagi yang berhasil menemukan kotak hitam,” kata Hasbi.|||

Kategori Nasional

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.