Hasil PSU di TPS Kerinci, Fachrori dan Jenderal Polisi Makin Babak Belur

Laporan: Ega Roy || Editor: Rahmad

Fachrori Umar dan Syafril Nursal

INFOJAMBI.COM – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubenur Jambi digelar Kamis kemarin di 7 tempat pemungutan suara (TPS) di Kerinci.

Dari data Infojambi.com peroleh, pasangan Al Haris-Abdullah Sani (Haris-Sani) unggul dengan mengantongi 1.217 suara. Cek Endra – Ratu Munawaroh (CE-Ratu) 545 suara.

Sedangkan calon petahana Fachrori Umar-Syafril Nursal (Fachrori-Syafril) hanya mampu 18 suara.

Asal tau saja, Kerinci merupakan basis suara jenderal polisi bintang dua bekas Kapolda Sulawesi Tengah tersebut.

PSU berlangsung d 88 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di lima kabupaten dan kota.

Dilihat dari hasil hitung suara di situs KPU dengan progres 8.236 TPS atau 100 persen, Jumat (28/5/2021), pasangan Haris-Sani memperoleh suara 38,3 persen dengan total suara 601.630.

CE-Ratu mendapat suara 37,4 persen atau 588.115 dan Fachrori-Syafril 24,3 persen atau 381.564.

Pengamat politik Rudi Hartono menyebutkan kemenangan Haris-Sani di Kerinci tak terlepas dari sosok Monadi bersama orangtuanya Murasman dan juga para simpatisan.

Menurut Rudi, Monadi bergerak sejak awal untuk memenangkan Haris-Sani dengan menyisir semua wilayah Kerinci terutama di wilayah pinggiran.

“Ini bisa dilihat dari hasil 9 Desember lalu, dimana Al Haris-Sani mampu menang di Kecamatan Sulak Mukai yang merupakan basis Monadi meskipun saat itu Syafril Nursal sebagai putra Kerinci juga mencalonkan diri. Dukungan keluarga Murasman kepada Haris-Sani jauh sebelum adanya dukungan dari PAN dan partai pengusung lainnya. Simpatisannya terkenal militan, bergerak secara total untuk Al Haris-Sani,” kata alumni pasca sarjana Pendidikan Karakter IAIN Kerinci ini.

Selain masih memiliki pendukung yang loyal, Monadi dikenal dekat dengan para petani, juga semakin memudahkan dalam menggalang dukungan di masyarakat.

“Monadi sekarang dikenal sebagai petani kentang. Diakui atau tidak, ini sangat berpengaruh dalam melakukan pendekatan ke masyarakat. Masyarakat Kerinci yang mayoritas sebagai petani, memiliki rasa kedekatan dengan Monadi,” ucapnya.

Senada dikatakan Pengamat Sosial, Fanda Yosepta, juga mengakui besarnya peran Monadi dalam kemenangan Al Haris-Sani di Kerinci. Hanya saja kegiatan Monadi kurang mau diekspose, sehingga peran tersebut kurang terlihat.

“Sebagai ulumni IPDN bersama Haris, Monadi punya banyak jaringan. Baik dengan petani maupun di sejumlah organisasi. Simpatisannya juga masih solid,”ungkapnya.

Contohnya saja saat dia menjabat sebagai Kadis Pendidikan, Monadi disenangi para guru. Kredibilitasnya diakui sangat baik.
Realita di lapangan demikian tambahnya. Kondisi ini yang kemudian memudahkan Monadi dalam menggalang dukungan untuk Al Haris-Sani.

“Siapa guru yang tidak senang dengan Monadi saat menjadi Kadis Pendidikan Kerinci. Saat dia mensosialisasikan dukungan ke Haris, mudah diterima masyarakat,” tegasnya.

Namun demikian, dia menyebutkan kemenangan Al Haris-Sani juga tidak terlepas dari dukungan pihak lain. Termasuk partai, dan timses di lapangan.

“Memang setelah putaran pertama, Al Haris-Sani mendapatkan dukungan yang luar biasa. Banyak pihak yang sebelumnya mendukung kandidat lain, mulai merapat beralih mendukung Al Haris-Sani,”pungkasnya.

Sementara itu, Monadi dikonfirmasi enggan memanggapi kemenangan Al Haris-Sani di Kerinci. Dia hanya mengaku memberikan dukungan penuh kepada Al Haris-Sani, karena menilai Al Haris-Sani mampu membangun dan membawa perubahan untuk Provinsi Jambi, terutama Kabupaten Kerinci.

Berikut hasil PSU di Kerinci:

TPS 02 Desa Pondok Beringin

CE Ratu = 44

FU Syafril = 3

Haris Sani = 185

TPS 01 Desa Lolo Gedang

CE Ratu = 130

FU Syafril = 4

Haris Sani = 179

TPS 01 Desa Pasar Kerman

CE Ratu = 93

FU Syafril = 2

Haris Sani = 156

TPS 01 Desa Baru Lempur

CE Ratu = 68

FU Syafril = 2

Haris Sani = 174

TPS 02 Desa Baru Lempur

CE Ratu = 94

FU Syafril = 3

Haris Sani = 165

TPS 01 Desa Lolo Hilir

CE Ratu = 59

FU Syafril= 3

Haris Sani = 193

TPS 01 Desa Koto Tuo Ujung Pasir

CE Ratu = 57

FU Syafril = 1

Haris Sani = 165

Hitungan Total 7 TPS di Kerinci

CE Ratu = 545

FU Syafril = 18

Haris Sani = 1.217

Kategori Kerinci,Politik

Tags: ,,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.