Hasil Survei PUTIN, Fadhiel – Bakhtiar Unggul

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Public Trust Institute (PUTIN) menjadi lembaga lokal pertama yang merilis hasil surveinya ke publik.

Kali ini PUTIN merilis hasil survei terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batanghari 2020.

Elektabilitas pasangan Fadhiel Arief – Bakhtiar ungguli beberapa kandidat lainnya.

Hal ini berdasarkan hasil lembaga survei Public Trust Institute (PUTIN) periode 13-19 September 2020.

Penyampaian hasil survei Batanghari diselenggarakan di Hotel Ratu, Minggu, 27 September 2020, Direktur Eksekutif Putin, DR Pahrudin HM MA menyatakan elektabilitas M Fadhiel Arief tertinggi.

“Elektabilitas pasangan Fadhiel Arief – Bakhtiar 29 persen, Firdaus Fattah – Camelia 13,8 persen, dan Yunninta Asmara – Mahdan 13,2 persen. Belum menentukan pilihan 44 persen,” kata Pahrudin yang diamini Direktur Riset, Hatta Abdi Muhammad.

Lebih lanjut dikatakan Hatta, popularitas Fadheil Arief berada di posisi kedua tertinggi setelah Yunninta Asmara.

“Fadhil Arief 73,5 persen, Bachtiar 47,2 persen, Firdaus Fattah 59,8 persen, Camelia 58,8 persen, Yunninta Asmara 75,5 persen, dan Mahdan 57,5 persen,” bebernya.

Akseptabilitas/keterimaan Fadhiel Arif untuk menjadi Bupati Batanghari juga berada di posisi tertinggi, yakni 62 persen dari 600 responden.

“Fadhil Arief 62,8 persen, Bachtiar 36,8 persen, Firdaus Fattah 46,5 persen, Camelia 42,5 persen, Yunninta Asmara 54,7 persen, dan Mahdan 37,5 persen
– Elektabilitas Kandidat,” bebernya.

Metodologi survei PUTIN ini sebagai berikut :
Pelaksanaan survei dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Batanghari, meliputi 8 kecamatan.

Populasi survei adalah warga negara Indonesia di Kabupaten Batanghari, dan sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berada 17 tahun ke atas, atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 600 responden pada 60 desa yang tersebar di 8 kecamatan, dengan margin of eror sebesar 4 persen pada tingkat kepercayaan publik 95 persen.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Pengumpulan data ada tanggal 13-19 September 2020. Taktik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuisioner terukur.

Tujuan survei itu dilakukan untuk mengetahui respon cepat masyarakat Batanghari terkait fenomena politik yang ada dan mengukur tingkat keterpilihan calon.

Dalam kegiatan rilis survei Batanghari yang mengusung tema “Perilaku Memilih dalam menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batanghari 2020” ini menghadirkan lima narasumber, yakni pengamat politik Universitas Jambi, Sutri Destemi Elsi, S.IP., M.IP, DPD Partai Amanat Nasional, Sasmi Irawan, DPD Partai Kebangkitan Bangsa, Ilhamudin, S.PD.I, Direktur Riset, Hatta Abdi Muhammad, S.IP, M.IP, Direktur Eksekutif, Dr. Pahrudin, HM, M.A, sedangkan moderator iSekretaris Jenderal, Burlian Senjaya, MA. ***

Kategori Batanghari,Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.