Jumat, 16 November 2018 | 18:56

Hasilkan Calon Guru Berkualitas, Tanoto Foundation Gandeng LPTK

Pengirim : Ahmad Syaiful Bahri
Editor : M Asrori S

Ajar Budi Kuncoro (kiri), Drs. H. Syahrial. M.Ed, P.Hd (dua) dari kiri, Dr. Arnida, M.Pd.I (dua} dari kanan dan Medi Yusva (kanan).

INFOJAMBI.COM – Universitas Jambi (Unja) dan UIN Sultan Thaha Saifudin (UIN STS) Jambi, menandatangani kerjasama dengan Tanoto Foundation.
Kerjasama bertujuan untuk peningkatan mutu perkuliahan calon guru, di Lembaga Pendidikan dan Tenaga kependidikan (LPTK) yang lebih menekankan kepada praktik, termasuk mengintegrasikan peningkatan mutu sekolah mitra LPTK dengan perkuliahan calon guru.

Tindaklanjut dari perjanjian kerjasama itu, Tanoto Foundation menggelar kegiatan Lokakarya Perencanaan dan pertemuan awal LPTK Mitra di gedung rektorat Unja, Jum’at, (26/10/2018).

“Saya bersyukur Tanoto Foundation masuk FKIP UNJA dan bekerjasama dengan LPTK, tentu ini dalam rangka meningkatkan calon guru-guru lulusan FKIP Unja. Kepedulian Tanoto Foundation diapresiasi oleh pihak civitas akademika UNJA. Kerjasama ini akan kita manfaatkan semaksimal mungkin. untuk menghasilkan guru professional dalam membangun bangsa dan negara kedepan,” kata wakil Dekan FKIP Universitas Jambi, Drs. H. Syahrial, M.ED, Ph.D.

Program PINTAR atau Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran, berfokus pada tiga pendekatan, yaitu membangun praktik-praktik baik pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah; mendukung pemerintah menyebarluaskan praktik-praktik baik; dan mendukung LPTK dan pendidikan calon guru.

Teacher Training Specialist Tanoto Foundation Jambi, Fitria Hima Mahlig

Program kerjasama dengan LPTK ini, kata Teacher Training Instute Tanoto Foundation, Ajar Budi Kuncoro, bertujuan untuk melatih guru dan kepala sekolah, terutama sekolah/ madrasah di bawah mitra LPTK UIN STS Jambi dan UNJA.

Program PINTAR ini dirancang untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar, melalui program penguatan kapasitas pengelolaan dan kepemimpinan sekolah, peningkatan kualitas guru, serta partisipasi orang tua dan masyarakat,ujar Ajar Budi.

Menurutnya, Tanoto Foundation, percaya bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat munculnya kesetaraan peluang.

Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi, Medi Yusva, mengatakan, LPTK merupakan tempat untuk menempa calon-calon guru berkualitas.

“Tentu dengan kerjasama ini, diharapkan lahir guru-guru berkualitas, baik dari FKIP UNJA maupun Fakultas Tarbiyah UIN STS Jambi, sehingga pendidikan di Jambi akan semakin berkualitas ke depan,” ujar Medi.

Senada dengan Wakil Dekan FKIP UNJA, H. Syahrial, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi, Dr. Hj Arnida, M.Pd.I, menyambut baik kegiatan lokakarya ini.

“Insya Allah, kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Tanoto Foundation, sehingga dosen-dosen kami bisa dilatih pembelajaran. Selain itu mereka nantinya akan melatih kembali sebagai fasilitator LPTK, dengan adanya Madrasah-madrasah mitra kami, tentu bisa langsung kami aplikasikan di madrasah,” ujar Arnida.

Arnida menambahkan, output dari semuanya adalah agar calon calon guru yang dihasilkan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini berkualitas.
Setelah lokakarya, seluruh fasilitator dosen dari UIN STS Jambi dan UNJA, menyusun rencana program kedepan, dipandu oleh Training Specialist Tanoto Foundation, Fitria Hima Mahligai dan Yusriwiati.

“Selain mengenalkan program PINTAR melalui lokakarya LPTK ini, kami juga menyusun rencana kegiatan pelatihan bagi madrasah dan sekolah mitranya UIN STS Jambi dan FKIP Universitas Jambi,” ucap Fitria. ( RILIS )


Kategori Pendidikan

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.