Rabu, 28 Juni 2017 | 19:18

Heboh !!! Penipu Serang Orangtua Siswa SMA Titian Teras

KOTAJAMBI — Aksi penipuan menyerang para orangtua SMA Titian Teras, Jambi. Sejumlah orangtua ditelepon oleh oknum yang mengaku Kepala SMA Titian Teras, Teguh. Para orangtua siswa diminta mentransfer sejumlah uang.

Penipuan ini terungkap Kamis malam. Ceritanya, beberapa orangtua siswa menelepon para pejabat SMA Titian Teras. Mereka menanyakan soal adanya telepon dari seseorang yang mengaku Kepala SMA Titian Teras.

Kepala Asrama SMA Titian Teras, Haryono, misalnya. Dia ditelepon oleh enam orangtua siswanya. Mereka mengaku mendapat telepon, memberitahukan bahwa anaknya mendapat beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Dalam modusnya, si penipu meminta nomor rekening bank orangtua siswa. Penipu itu bilang, uang beasiswa akan dikirim melalui rekening orangtua masing-masing. Sebelum meminta nomor rekening, orangtua diminta menelepon dulu.

Mengaku sebagai Kepala SMA Titian Teras, si penipu memberikan nomor telepon 085282336XXX. Padahal nomor itu bukan milik Teguh, Kepala SMA Titian Teras Jambi.

Nilai uang beasiswa yang dijanjikan lumayan juga, Rp 5,7 juta. Tapi, sebelum uang itu ditransfer, para orangtua diminta mentransfer dulu uang “administrasi” sebesar Rp 3 juta ke rekening Kepala SMA Titian Teras.

“Dari situ saya mulai curiga. Kalau ada siswa yang mendapat beasiswa, prosedur pengambilan uangnya dilakukan langsung oleh siswa yang bersangkutan. Pak Teguh juga tidak mungkin meminta uang pada orangtua siswa,” jelas Haryono.

Menurut Haryono, ada 12 orangtua siswa yang menelepon langsung ke Teguh, kepala SMA Titian Teras. Teguh juga memberitahukan masalah penelepon gelap itu ke Haryono dan Wakil Bidang Kesiswaan, Mulyadi.

Haryono menghimbau para orangtua siswa SMA Titian Teras agar berhati-hati menerima telepon. Jika ada yang memberitahu soal beasiswa, atau melaporkan anaknya bermasalah di sekolah, tanyakan dulu ke pihak sekolah.

“Saya belum tahu, apakah sudah ada orangtua siswa yang terjebak oleh penipuan ini. Kemarin mereka hanya menanyakan kebenaran soal beasiswa itu. Saya jawab itu tidak benar,” ujar Haryono melalui ponselnya. (infojambi.com)

Laporan : Doddi Irawan

 

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,

1 Judul Komentar

  1. Ini juga terjadi di salah satu sekolah di Kota Jambi, namun sekolah tersebut tidak mengirimkan data yang diminta. Modusnya adalah penipu mengirimkan surat melalui E-mail Sekolah seolah-olah dari Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ke seluruh sekolah negeri dan swasta seluruh Indonesia yang berisi permintaan sekolah mengirimkan DATA SISWA YANG BERPRESTASI yang akan mendapatkan BEASISWA PRESTASI dengan format Nama Siswa, Kelas, Ranking Kelas, Nama Orang Tua, dan Nomor HP Orang Tua, yang dibawahnya ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan yang diminta dikirimkan melalui E-mail : dapodikkemendikbud@yahoo.com. Sekolah yang tidak curiga maka akan mengirimkan data tersebut. Demikian mohon jadi perhatian semua sekolah. Terima Kasih

    Balas

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.