Minggu, 18 November 2018 | 13:09

Harmen Rusdi : Ada Ribuan Unit Koperasi Tidak Aktif

Laporan Rudy Saputra

Kadis UMKM Provinsi Jambi, Harmen Rusdi.

INFOJAMBI.COM – Kepala Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Jambi, Harmen Rusdi, menyebutkan, ada 1.756 Unit Koperasi, di Jambi saat ini tidak aktif lagi. Pasalnya, riabuan koperasi itu tidak pernah melaksanakan Rapat Anggaran Tahunan (RAT).

“Sebetulnya cukup banyak koperasi di Jambi, berdasarkan data yang aktif ada 2.028 unit. Sedang yang tidak aktif sebanyak 1.756,” kata Harmen Rusdi, Senin (9/7/2018).

Harmenn Rusdi mengatakan, bagi koperasi yang masih aktif dan melaksana RAT di tahun ini, lebih meningkat 35 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Soal koperasi yang tidak aktif, menurut Harmen, penyebabnya karena terkendala suber daya manusia atau tenaga pengelolanya.

“Mereka terkendala dalam masalah pembukuan akhir tahun. Jadi pengetahuan mengenai akuntansi untuk setiap koperasi sangat penting. Tak mungkin petugas koperasi melaksanakan RAT, sementara petugasnya sendiri tidak bisa menyusun laporan akhir tahun,” kata Herman.

Rata-rata koperasi yang tidak aktif itu, bukan kemauan pengurus koperasi. Namun karena dipicu ketidakpahaman dalam menyusun laporan akhir tahun.

“Kedepan, masalah inilah merupakan tugas pemerintah daerah untuk memperbaiki SDM koperasi,” pungkas Harmen Rusdi.

Editor : M Asrori S


Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.