Minggu, 22 April 2018 | 02:02

Hiruk Pikuk Ulang Tahun Jambi, Dari Door Prize Hingga Madu Terjual Rp 1 Miliar

INFOJAMBI.COM — Warga Jambi penuh sesak di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Minggu (14/1/2018), mengikuti aneka kegiatan dalam rangkaian HUT ke-61 Provinsi Jambi.

Guna memeriahkan hari jadinya, Pemprov Jambi bekerjasama dengan berbagai pihak menyelenggarakan beragam kegiatan. Warga yang datang bermacam kalangan, dari anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, bahkan para orangtua.

Kegiatan diawali dengan jalan santai. Rutenya dari Lapangan kantor Gubernur Jambi, Bundaran Air Mancur, Bank Indonesia, Museum Siginjai, berakhir di lapangan kantor gubernur lagi. Gerak jalan dilepas oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Usai jalan santai, Zola dan isterinya, Sherrin Tharia, yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, meninjau Pasar Tani. Di pasar ini dipromosikan dan dijual macam-macam hasil pertanian, terutama sayur mayur dan buah-buahan.

Pasar Tani diikuti seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, beberapa kelompok tani dan SMK berbasis industri pertanian. Pada Pasar Tani ini juga dipamerkan tanaman hidroponik yang akhir-akhir ini semakin terkenal.

Zola dan Sherrin meninjau pula Pasar Lelang Terpadu Komoditi Agro Edisi 2018. Pasar ini menyediakan berbagai komoditi Jambi. Pangsa pasarnya bukan hanya Jambi, tapi nasional. Di pasar itu ada madu Jambi dibeli warga Bogor seharga Rp1 miliar lebih.

“Di Pasar Tani ini dijual kebutuhan masyarakat dengan harga lebih murah dari pasar. Juga ada lelang madu. Total hasil lelang dari belasan komoditas mencapai Rp 20 miliar. Itu semua Jambi punya. Kami memfasilitasi penjualan komoditi yang dikelola warga, ternyata pembelinya banyak sekali secara nasional,” ujar Zola.

Selain itu juga ada stan makanan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Di sini banyak terdapat penganan non beras. Puluhan pelajar, putra maupun putri, makan bersama makanan B2SA.

Puncaknya, gubernur naik ke panggung utama, menarik nomor undian jalan santai. Puluhan hadiah menarik disediakan. Hadiah utamanya, empat tiket umroh, dua diantaranya untuk dua orang guru berprestasi.

Juga ada hadiah satu unit sepeda motor, kulkas, beberapa unit sepeda, mesin cuci, kipas angin, setrika dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Dua orang guru yang mendapat hadiah umroh, adalah Kepala SLB Sri Soedewi Masjchun Sofwan Jambi, Solbi S.Pd M.Pd, atas prestasinya menjadi juara I guru berprestasi nasional, dan Dwi Astuti S.Pd, juara 3 guru Taman Kanak-Kanak (TK) berprestasi nasional asal Kabupaten Batanghari.

“Hadiah umroh juga diberikan pada dua orang guru berprestasi. Kami juga undang guru-guru se-Provinsi Jambi dan kepala sekolahnya serta pengawas. Kami ingin memberi penghargaan pada para guru yang selama ini mendidik anak-anak, terutama di daerah terpencil,” jelas Zola.

Kemudian digelar juga final lomba tarik tambang, lomba balap karung, lomba panjat 61 pohon pinang dan lomba menangkap belut. “Ramai sekali yang datang. Bukan hanya dari Kota Jambi, tapi juga dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi,” ujar Zola senang.

Lalu dilaksanakan khitanan massal, pemeriksaan kesehatan dan test IVA gratis serta donor darah. Sekda Provinsi Jambi, Drs HM Dianto M.Si meninjau pelaksanaan khitanan massal yang diikuti 62 orang anak.

Berbagai kegiatan yang dimulai sejak pagi hingga siang hari tersebut berlangsung aman, tertib dan lancar. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai.

“Terima kasih masyarakat Jambi. Mohon doa dan dukungannya untuk pembangunan Provinsi Jambi. Terima kasih juga untuk semua pihak dan sponsor. Kita sama-sama merayakan dan memberi yang positif pada masyarakat Jambi. Insya Allah tahun depan kita buat acara lebih menarik,” ujar Zola. (Mustar Hutapea — Jambi)

 

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.