Honorer Lebih Diutamakan Jadi PNS

Sekda Sarolangun, Tabroni Rozal

SAROLANGUN – Pemkab Sarolangun pesimistis bisa merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Meskipun telah mengajukan usulan merekrut CPNS pada 2017 ke Menpan.

Hal itu disampaikan Sekda Sarolangun, Thabroni Rozali. “Kami masih banyak kekurangan PNS, makanya tahun ini kembali mengusulkan penerimaan CPNS,” kata Sekda.

Namun, saat ini pusat lebih mengutamakan merekrut honorer untuk dijadikan PNS. Sementara rekrutmen secara umum, Menpan lebih mengutamakan mencari ke perguruan tinggi.

“Saya ada ketemu Menpan. Mendengar ucapan mereka, saya pesimistis kita bisa merekrut CPNS tahun ini,” sebutnya.

Pemerintah pusat mewacanakan mencari PNS bermutu atau pegawai berkualitas dengan cara mencari ke perguruan tinggi. “Ya merekrut mereka yang mendapat nilai tinggi diangkat menjadi CPNS, wacananya seperti itu,” jelasnya.

Otomatis sarjana yang telah lama menganggur bakalan sulit menjadi PNS, kalau seperti itu. Meski demikian, Pemkab Sarolangun tahun ini tetap mengusulkan penerimaan CPNS, karena Sarolangun masih banyak kekurangan pegawai.

“Kita masih kekurangan pegawai sekitar 4.000. Apalagi kita sudah lama tidak melakukan rekrutmen CPNS, sementara yang pensiun setiap tahun banyak,” ungkapnya.

Dijelaskan, kekurangan PNS Pemkab Sarolangun terdapat di kecamatan-kecamatan. Sementara yang berada di kabupaten rasanya sudah cukup.

“Di kecamatan masih banyak kekurangan PNS, terutama guru dan tenaga medis. Jadi jika kita bisa merekrut CPNS, maka bisa langsung ditempatkan di kecamatan,” pungkasnya. (infojambi.com/d)

Laporan : Rudy Ichwan

 

Kategori Birokrasi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.