Sabtu, 21 Oktober 2017 | 17:13

IAIN STS Jambi Sebentar Lagi Jadi UIN

Menteri Agama, H Lukman Hakim Saifuddin

MUAROJAMBI – Menteri Agama, H Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan, tidak lama lagi IAIN STS Jambi, akan berubah status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Kabar gembira itu disampaikannya, saat menghadiri  sidang senat terbuka Dies Natalis ke 49 dan Wisuda 52 jenjang pendidikan Sarjana, Magister dan Doktor  tahun akademik 2016/2017, di ruang auditorium Prof. H.M. Chatib Quzwain, IAIN STS Jambi,  Kamis (15/12).

“Mudah-mudahan tidak lama lagi, IAIN STS Jambi menjadi UIN, hanya tinggal menuggu administratifnya saja. Kita masih menunggu surat keputusan Presiden, dan kalau sudah turun, hanya tinggal beberap administratif yang harus di penuhi,” ujar Menag Lukman Hakim.

Dikesempatan yang sama, Gubernur Jambi, H Zumi Zola mengatakan,  kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan. Pemrov Jambi, tahun depan (2017) sudah menyediakan 15 ribu calon penerima bea siswa, bagi siswa SMA hingga jenjang Strata tiga (S3) dan dokter spesialis.

Tak hanya itu, kata Zumi Zola, Pemrov Jambi, juga menyediakan Bala Latihan Kerja (BLK) bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan ketrampilan, tujuannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja.

H Zumi Zola juga mengucapkan selamat atas penandatanganan MoU antara IAIN STS Jambi dengan Institute Francis d’Indonesia, 14 Desember 2016 lalu, di Jakarta.

“Saya berharap MoU ini, tidak sekadar perjanjian diatas kertas semata, tapi dapat meningkatkan kemajuan IAIN STS Jambi, terutama dalam mendukung IAIN STS Jambi menjadi UIN,” harap Zumi Zola.

Rektor IAIN STS Jambi, Dr  H Hadri Hasan, MA, mengatakan , saya ucapkan selamat kepada para wisudawan/wati yang baru. Semoga dapat menjadi pendorong lahirnya kaum intelektual yang terdidik, memiliki integritas moral kuat dan memiliki kepekaan sosial tinggi dalam mewujudkan peradaban bangsa Indonesia yang lebih baik.

IAIN STS Jambi tahun ini mewisuda 524 orang, program Doktor 10, program Magister Pasca Sarjana 97 orang, Strata satu (S1) Fakultas Tarbiyah 261,  Ushuluddin 33, Adab 58, Syariah 29 serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 36 orang. (infojambi.com/A)

Laporan : Asrori / Yudi Pramono

 

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.