Ikut Rakor Persiapan PSU, Ini Pesan Danrem Garuda Putih…

Penulis : Tim Liputan || Editor : Dodik

Danrem Brigjen TNI M Zulkifli hadiri rakor persiapan PSU (penrem 042)

INFOJAMBI.COM ━ Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli ikut dalam rakor persiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi, di kantor KPU Provinsi Jambi, Selasa (18/5/2021).

Rakor dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan, dilanjutkan dengan paparan kesiapan KPU sebagai penyelenggara PSU.

Subhan menjelaskan, pendistribusian logistik PSU ke TPS sudah 100 persen. Sedangkan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), sesuai protokol kesehatan, akan dikirim Rabu (19/5/2021).

“Rekrutmen dan bimbingan petugas secara teknis sudah kami lakukan dan erta  persyaratan pemilih sudah lengkap diterima oleh pemilih,” ujar Subhan.

Penjabat Gubernur Jambi, DR Hari Nur Cahya Murni menekankan, semua pihak yang terlibat dalam PSU harus mempersiapkan sebaik-baiknya.

“Persiapkan dengan baik, sesuai kewenangan masing-masing, berpedoman pada peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Persiapan yang dilakukan diantaranya penetapan tahapan pelaksanaan, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang valid, dan pemenuhan logistik, khususnya surat suara. 

Begitu pula penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang baru.

Danrem juga menyampaikan beberapa penekanan. Dia minta KPU mengevaluasi pelaksanaan Pilgub 2020. Temuan dan kesalahan yang pernah terjadi jangan sampai terulang lagi.

Danrem mengingatkan, dari 17 PSU yang digelar di Indonesia, ada 8 PSU yang menggugat kembali.

“Masih ditemukan kebijakan dan toleransi yang merusak hasil. Itu jangan sampai terjadi pada PSU di Jambi,” tegas jenderal bintang satu ini.

Danrem berpesan pada KPU agar menerapkan tiga protap, yaitu protap pemilih, protap prokes covid 19, dan protap penyelenggara.

“Kalau itu diterapkan, PSU Pilgub Jambi akan berjalan sesuai rencana,” ujarnya.

Danrem juga mengingatkan seluruh komponen yang terlibat dalam PSU agar melakukan sosialisasi ke masyarakat pemilik hak pilih agar menggunakan hak pilihnya.

PSU Pilgub Jambi dilaksanakan di 88 TPS di 15 kecamatan pada lima kabupaten/kota pada tanggal 27 Mei 2021.

Seusai rakor dan paparan ketua KPU, dilanjutkan dengan pelepasan armada pengangkut logistik ke TPS yang dikawal ketat aparat keamanan.

Rakor dihadiri pula oleh Dirintel Polda Jambi, forkopimda Provinsi dan Kota Jambi, Sekda Provinsi Jambi, dan Kepala Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jambi. ***

Kategori Politik

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.