Kamis, 17 Agustus 2017 | 17:02

Indonesia Bisa Jadi Contoh Timur Tengah

Zulkifli Hasan saat menjadi narasumber pengajian PP Muhammadiyah ll Foto: Bambang Subagio

JAKARTA – Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menilai kunjungan Raja Saudi Arabia, Raja Salman ke Indonesia, merupakan momentum paling tepat bagi Indonesia dan Saudi Arabia, untuk saling mengenal kebudayaan satu sama lain.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia sekaligus negara demokrasi, Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, berpendapat cara Indonesia mengelola keberagaman bisa menjadi contoh untuk negara Timur Tengah, khususnya Arab Saudi.

Menurut Zulhas-sapaan familiar Zulkifli Hasan- sebagai negara muslim terbesar di dunia, tapi seluruh umat bisa hidup rukun dalam keberagaman.

“Indonesia juga bisa mengelola hubungan di kawasan ASEAN yang agamanya beragam. Ini bisa jadi contoh untuk negara Timur Tengah, ” uja Zulkifli Hasan ketika menjadi narasumber Pengajian Bulanan PP Muhammadiyah, bertajuk ‘Diplomasi Arab Saudi dan Masa Depan Islam Moderat di Indonesia” Jum’at (10/3) malam yang lalu.

Zulkifli Hasan mengaku prihatin dengan kondisi Timur Tengah, yang saat ini terus bergolak.
“Kita sangat prihatin dengan konflik berkepanjangan di Timur Tengah. Kita berharap, Arab Saudi, bisa lebih berperan mendamaikan sesama muslim,” kata Zilhas.

Dia berharap, Indonesia bisa menjadi mitra setara Arab Saudi di Asia di bidang Ekonomi, Politik maupun Kebudayaan.

“Tentu dengan kunjungan ini, saya percaya Indonesia akan menjadi mitra strategis sekaligus mitra setara dengan Arab Saudi,” kata Zulhas menambahkan. (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor : M Asrori

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.