Senin, 29 Mei 2017 | 08:55

Indonesia Buka Piala AFF 2016 dengan Kekalahan

indonesia-buka-piala-aff-2016-dengan-kekalahanBULACAN – Indonesia gagal meraih hasil yang memuaskan ketika menghadapi Thailand pada pertandingan pembuka Babak Grup A Piala AFF 2016, Sabtu (19/11/2016) sore WIB. Pada laga yang berlangsung di Philippine Stadium ini, Tim Garuda kalah dari Thailand dengan skor 2-4.

Di babak pertama, Indonesia sudah tertinggal 0-2. Namun di babak kedua, pasukan Alfred Riedl sempat bangkit dan menyamakan kedudukan. Sayang, Tim Gajah Putih -julukan Thailand- berhasil menambah dua gol lagi hingga akhirnya menyelesaikan laga dengan kemenangan 4-2.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Thailand langsung tampil menyerang begitu pertandingan dimulai. Di menit kedua, Yooyen melakukan percobaan ke gawang Kurnia Meiga. Namun, sepakan jarak jauhnya masih melambung di atas gawang.

Gol! Thailand mampu membuka keunggulan dari Indonesia di menit keempat. Adalah gelandang Peerapat Notchaiya yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol bermula dari blunder yang dilakukan lini belakang Indonesia. Alhasil, Kurnia Meiga pun kesulitan untuk mencegah gawangnya dibobol oleh Notchaiya.

Dominasi Thailand masih terus berlanjut. Di menit kedelapan, Thailand kembali mendapat peluang melalui sepak pojok. Beruntung lini belakang Tim Garuda -julukan Indonesia- masih mampu mengantisipasinya.

Indonesia mendapat kesempatan bagus di menit ke-16 melalui Rizky Pora. Akan tetapi, upayanya masih belum membuahkan gol dan hanya memberikan sepak pojok bagi Indonsia.

Boaz! Penyerang andalan Indonesia tersebut hampir saja memecah kebuntuan di menit ke-19. Sayang, aksi tendangan yang dilakukan Boaz masih mampu diamankan oleh kiper Thailand, Thamsatchanan.

Indonesia kembali dapat peluang, kali ini melalui Stefano Lilipaly di menit ke-24. Namun, aksi Lilipaly juga masih belum membuahkan hasil apa pun lantaran tendangannya masih melebar di samping gawang.

Gol! Thailand menggandakan keunggulan mereka melalui sepakan Teerasil Dangda pada menit ke-36. Gol bermula dari umpan tarik yang dilakukan pemain Tim Gajah Putih. Lini belakang Indonesia pun coba melakukan blok yang sayangnya justru membuat bola berhenti dan mampu langsung dikonversi menjadi gol oleh Dangda.

Thailand terus menekan Indonesia. Namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, tak ada lagi gol tercipta. Sementara, Tim Gajah Putih unggul 2-0 dari Indonesia.

Babak Kedua

Indonesia langsung mendapat peluang di menit-menit awal babak kedua. Boaz Solossa mendapat peluang dari sisi kiri penyerangan Indonesia. Sayang, sepakannya masih mampu diblok.

Gol! Indonesia akhirnya mampu mencetak gol pertamanya ke gawang Thailand. Adalah Boaz Solossa yang menjadi pencetak gol pertama bagi Merah Putih di perhelatan Piala AFF edisi kali ini.

Gol Boaz terjadi pada menit 53. Gol bermula dari umpan yang diberikan Ripora. Meski diapit dua bek Thailand, Boaz tetap mampu menanduk bola hasil umpan Ripora dan mengubahnya menjadi gol. Skor berubah menjadi 2-1.

Baru tiga menit berselang, Indonesia kembali mencetak gol ke gawang Tim Gajah Putih. Kali ini giliran Lerby Pong Baru yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol Lerby bermula dari umpan silang yang diberikan Benny Wahyudi.

Dalam posisi imbang, Thailand kembali meningkatkan intensitas serangannya. Di menit ke-67, Tim Gajah Putih mendapat peluang melalui tendangan bebas. Namun, bola masih belum berhasil menembus gawang Kurnia Meiga.

Upaya-upaya serangan yang dilakukan Thailand baru membuahkan hasil pada menit ke-79. Dangda kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Thailand kembali mengungguli Indonesia.

Gol kedua Dangda bermula dari umpan yang diberikan Sarach Yooyen. Berdiri bebas tanpa pengawalan di dalam kotak penalti Indonesia, Dangda pun dengan mudah menjebloskan bola ke gawang Kurnia Meiga.

Memasuki lima menit terakhir waktu normal pertandingan, Indonesia terus berusaha menyamakan kedudukan. Bukannya menambah kedudukan, Indonesia malah kembali kebobolan. Dangda mencetak hattrick pada menit injury time usai menerima umpan Yooyen.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada lagi gol tercipta. Indonesia pun harus menerima kekalahan 2-4 dari Thailand di laga perdana Babak Grup A Piala AFF 2016.

Susunan Pemain

Thailand XI (3-5-2): Thamsatchanan; Chutong, Kesarat, Do (Narmwiset ‘64); Notchaiya (Bunmathan ’72), Promrak, Yooyen, Anan, Songkrasin; Chatthong (Chappuis ‘83), Dangda.

Indonesia XI (4-4-2): Mega, Wahyudi, Basna, Aryanto, Lestaluhu; Vermansyah (Evan Dimas ’82), Lilipaly, Pradana (Sinaga ‘90+1), Ripora; Lerby (Zamrun ’74), Solossa.

Sumber : okezone.com

Kategori Olahraga dan Trend

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.