Sabtu, 19 Agustus 2017 | 23:46

Indonesia Lancarkan Diplomasi Pingpong di Ottawa

OTTAWA – Banyak cara dan seni berdiplomasi. Salah satunya melalui olahraga, termasuk tenis meja alias pingpong. Seperti dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa, bersama Kedutaan Besar Rusia, Tiongkok, Korea Selatan, Kazakhstan, dan Mongolia.

Awal April lalu, dari siang hingga sore hari, para Duta Besar dan puluhan Diplomat dari enam negara, beradu ketangkasan mengayunkan bet pingpong. Mereka berkompetisi dalam 3rd Friendship Cup, di aula Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Tamu kehormatan pada pertandingan ini, Honorable Robert D Nault, Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen Kanada.

“Melalui olahraga pingpong hubungan kita semakin akrab, sehingga dapat menunjang tugas diplomasi negara,” kata Duta Besar Indonesia untuk Kanada, DR Teuku Faizasyahyang menjadi tuan rumah pertandingan.

Sembari menunggu giliran bermain, para diplomat menonton rekannya bertanding. Sebagian lainnya mengobrol dan bercengkerama dengan kenalan barunya.

Tidak ketinggalan, mereka juga menikmati berbagai cemilan khas Indonesia yg disediakan KBRI, antara lain kacang mete goreng, risoles dan arem-arem.

“Sambil santai kita bisa bicara macam-macam, mulai dari perkembangan di Kanada sampai situasi internasional,” kata Yvgeeni Gukon, Diplomat Rusia.

Pertandingan dengan sistem kompetisi penuh ini akhirnya dimenangkan Tim Kedubes Tiongkok. “Yang terpenting adalah jalinan persahabatan di antara kita, bukan semata-mata kemenangan dalam bertanding,” ujar Dubes Tiongkok, Shaye Lu.

Tim KBRI menempati posisi kedua. “Friendship Cup” ditutup dengan resepsi yang juga dihadiri kalangan diplomatik di Ottawa. Beberapa kedutaan, diantaranya Amerika Serikat dan Vietnam mengutarakan harapan dapat bergabung dalam turnamen tahun yang akan datang.

“Saya yakin keenam negara yang menjadi peserta Friendship Cup tahun ini menyambut gembira bergabungnya negara-negara lain dalam turnamen ini. Sebagai sesama diplomat, kita ingin terciptanya dunia yang semakin baik. Ini bisa dicapai melalui jalinan persahabatan,” kata Dubes Faizasyah. (infojambi.com/DD)

Kategori Dunia

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.