Indonesia Makin Cakap Digital 2021

Penulis : Tim Liputan | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H Sudirman SH MH mengikuti peluncuran Indonesia Makin Cakap Digital 2021, Kebangkitan Digital dan peluncuran Kelas Cakap Digital di 34 provinsi dan 541 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Peluncuran dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo dari Istana Merdeka. Sekda Sudirman mengikuti secara virtual dari ruang rapat Sekda Provinsi Jambi, Kamis (20/5/2021).

Turut hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Sekda Sudirman didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ahmad Muslih dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekda Provinsi Jambi diwakili Kabag TU Sabrianto.

Presiden Joko Widodo menyampaikan, tantangan di ruang digital semakin besar dan sangat besar. Konten-Konten negatif terus bermunculan, kejahatan di ruang digital terus meningkat.

Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kewajiban kita terus meminimalkan konten negatif, membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat, agar mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang mendidik, menyejukkan, menyerukan perdamaian,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi minta Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat dan membuat UMKM naik kelas. Perbanyak UMKM onboarding ke platform e-commerce, sehingga internet memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Jokowi.

Literasi digital adalah kerja besar. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital.

“Saya memberi apresiasi kepada 110 lembaga dan berbagai komunitas yang terlibat dalam program literasi digital nasional ini. Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” pungkas Jokowi.

Sekda Sudirman menyebutkan saat ini dunia maya (digital) sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Manusia terlibat langsung antara dunia nyata dan dunia maya.

“Dalam pemanfaatan digitalisasi teknologi, kita harus punya kecakapan, keterampilan dan kepiawaian dalam menggunakan teknologi digital yang sederhana pemanfaatan teknologi,“ kata Sekda.

Sekda mengajak pengguna digital untuk mengisi dengan konten-konten positif, kreatif yang mendidik serta bisa meningkatkan produktivitas masyarakat dalam peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

Selain itu dunia pendidikan sangat penting memanfaatkan dunia maya dalam kepentingan pembelajaran. Untuk peningkatan ekonomi ke masyarakat, diperlukan sekali teknologi digital, apalagi pemerintahan.

“Sesuai arahan Presiden dengan berkembangnya teknologi digitalisasi jangan ada penggunaan dan pemanfaatan digital yang tidak pada tempatnya. Jangan untuk hoaks, fitnah, atau pencemaran nama baik,” kata Sekda. (SW)

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.