Ini Isi Pidato Perdana Ketua DPR Puan Maharani

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Ketua DPR RI terpilih Puan Maharani meminta agar DPR RI tak mudah terpecah belah dan justru kontraproduktif dalam menjalankan tiap fungsi-fungsinya yang dinamis. Puan berkeinginan agar kepentingan nasional dan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD NRI1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika tetap menjadi landasan utama bagi para anggota dalam menjalankan tugas kedewanan.

“Kekritisan kita, khususnya dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi dan menjalankan mekanisme checks and balances haruslah selalu konstruktif, dan membangun peradaban demokrasi di Indonesia,” ujar Puan saat berpidato perdana dalam sidang paripurna DPR RI masa bakti 2019-2024 di Gedung Nusantara I Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019) malam.

Puan pun berharap dukungan dari masyarakat termasuk para pengamat media massa untuk menilai berbagai tugas yang diemban hingga lima tahun ke depan. pimpinan DPR periode 2019-2024. DPR merupakan lembaga representasi rakyat, sehingga gedung DPR adalah rumah rakyat. Karena itu, DPR akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan yang kita terima dari masyarakat,

“Kita tidak anti kritik tetapi diharapkan masyarakat tidak mudah terjebak penilaian yang bersifat apriori terhadap pelaksanaan tugas-tugas DPR dan dapat bersifat objektif dalam menilai kinerja kita semua,” tutur Puan.

Politisi PDI Perjuangan itu bilang kepimpinan DPR yang bersifat kolektif kolegial harus diwujudkan dengan membangun semangat kebersamaan dan berjiwa gotong-royong. “Saya yakin segenap pimpinan DPR RI periode 2019-2024 memiliki komitmen bersama, agar pada masa kepemimpinan kami akan gelorakan semangat gotong-royong mewujudkan DPR sebagai parlemen modern, terbuka dan aspiratif, serta berupaya menjadikan DPR sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya,” kata putri dari Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri itu.

Menurut dia, DPR merupakan lembaga tinggi negara yang merepresentasikan dari konsep kedaulatan rakyat. Dengan demikian, Puan menyatakan Gedung DPR akan tetap menjadi rumah rakyat. DPR, kata dia, akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan dari masyarakat.

“Marilah kita jaga bersama kepercayaan yang telah diberikan rakyat tersebut melalui kerja keras, kerja cerdas, dan dedikasi  tinggi dalam menjalankan fungsi dan peran DPR agar dapat memenuhi aspirasi dan harapan rakyat,” kata putri Megawati Soekarnoputri itu.***

Kategori Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.