Ini Pesan Khusus Bupati Romi Untuk Kades dan Camat

Sertijab Camat Nipahpanjang || foto : willy

NIPAHPANJANG — Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto, Jum’at pagi memimpin langsung serahterima jabatan Camat Nipahpanjang. Romi menegaskan beberapa hal yang menjadi tanggungjawab seorang camat.

Menurut Romi, seorang camat harus lebih handal dari aparatur sipil negara (ASN) lainnya. Tugas camat jauh lebih kompleks. Urusannya luas dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Camat harus siap melayani 24 jam sehari. Pandai mengelola potensi konflik dan persoalan yang dihadapi wilayahnya. Harus mampu menjadi panutan dan mengayomi dengan penuh tanggungjawab.

“Camat yang baik adalah camat yang punya kemampuan seni memimpin, sehingga mampu menghadirkan pelayanan prima bagi masyarakat. Selain itu, camat juga selalu siaga kapanpun dibutuhkan warga, terutama saat ada yang tertimpa musibah,” kata Romi.


Camat Nipahpanjang yang lama, Syafaruddin, diangkat menjadi Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan. Penggantinya, Kamaruddin, sebelumnya Sekretaris Camat Mendahara.

Acara sertijab juga dihadiri para kepala desa se-Nipahpanjang. Romi minta surat edarannya beberapa waktu lalu segera ditindaklanjuti. Dia menghimbau semua kepala desa dan lurah bekerja keras memakmurkan mesjid dan mushalla di wilayah masing-masing.

Pengajian antara maghrib dan isya yang selama ini mulai hilang agar dihidupkan kembali. Begitu pula budaya gotong royong, agar kembali dijadikan rutinitas berkala di lingkungan desa dan kelurahan.

“Upaya-upaya itu penting untuk meminimalisir rentannya masyarakat diadu domba. Semangat kebersamaan dalam masyarakat kembali dipererat, agar provokasi-provokasi negatif bisa diatasi secara mandiri,” pesan Romi. (infojambi.com/DD)

Laporan : Willy

 

Kategori Birokrasi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.