Inovasi Warna Pastel Tambah Koleksi Batik Jambi

Batik Jambi mulai disukai anak-anak muda. (foto : hms)

INFOJAMBI.COM — Inovasi baru Batik Jambi akan diluncurkan pada even Jakarta Fashion Week. Kreasi Batik Jambi warna pastel sedang dikembangkan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi.

Batik Jambi warna pastel dipilih berkat kerja sama dengan designer nasional, Barly Asmara. Sebelumnya Dekranasda Provinsi Jambi meluncurkan Batik Jambi warna hitam putih, di Plaza Indonesia, Jakarta.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia, mengungkapkan, pemilihan warna pastel membuat koleksi warna Batik Jambi bertambah. Dia ingin Batik Jambi semakin diterima semua kalangan.

“Dengan warna pastel ini, anak-anak muda lebih rileks memakainya. Batik Jambi tidak lagi identik dengan pakaian orang-orang tua, tapi juga disenangi anak-anak muda,” ujar Sherrin.

Menurut Sherrin, Dekranasda dan pihak terkait juga akan mengangkat pewarnaan-pewarnaan alam, termasuk untuk kerajinan tenun. Motifnya banyak. Ada Durian Pecah, Kapal Sanggat dan motif khas Jambi lainnya.

Tahun depan Dekranasda Provinsi Jambi akan mengangkat motif-motif yang ada di Museum Jambi. Tujuannya sekaligus mengangkat sejarah dan budaya Jambi.

“Ada 48 koleksi yang diangkat nanti. Saya ingin semua orang Jambi mengenal Batik Jambi, mulai dari anak-anak TK. Pengenalan Batik Jambi harus diupayakan kepada anak sejak dini,” kata isteri Gubernur Jambi ini.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Jambi, Ariansyah, menjelaskan, peluncuran Batik Jambi warna pastel sengaja diadakan di Jakarta. Alasannya, sebagai ibukota negara, Jakarta adalah kiblat fashion di Indonesia.

“Kerja sama mengangkat citra Batik Jambi ini melibatkan 85 orang pengrajin batik di Jambi,” kata Ariansyah. (Doddi Irawan – Jambi)

 

Kategori Provinsi,Wanita dan Keluarga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.