Irjen Firman ke Jambi Lagi, Ingin Program Asap Digital Menasional

Penulis : Andra Rawas || Editor : Dodik

Irjen Firman Shantyabudi di Jambi (andra)

INFOJAMBI.COM — Asisten Logistik (Aslog) Kapolri, Irjen Pol Firman Santyabudi, berkunjung ke Jambi, Rabu, 31 Maret 2021.

Mantan Kapolda Jambi ini datang menghadiri rapat supervisi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi.

Menurut Firman, jika bisa membantu mempercepat penanganan dan pendeteksian dini karhutla melalui program Asap Digital, bisa dikembangkan di daerah rawan karhutla lainnya.

“Tapi ini perlu upaya. Di dalamnya ada alat dan teknologi yang harus dibangun, termasuk jaringan internet, agar terpantau melalui command centre di masing-masing polda,” katanya.

Firman menilai, Asap Digital dapat memantau karhutla secara dini dan melihat hotspot secara jelas. “Tidak sekedar panas atap pabrik, atau titik api. Ini bisa lebih terbaca,” katanya.

Semasa menjabat Kapolda Jambi, Firman pernah melaporkan program Asap Digital ke pusat dan direspon dengan baik. Harapannya waktu itu program ini diangkat ke tingkat nasional.

PT Telkom sudah menandatangani MoU program Asap Digital. Diharapkan MoU juga dilakukan dengan kementerian.

Firman minta para pengusaha di Jambi ikut berpartisipasi mencegah terjadinya karhutla.

Rapat supervisi dihadiri juga oleh Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli, dan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto. ***

Kategori Hukrim

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.