Jadikan Tanah Papua Gerbang Timur Ekspor Impor

Willem Wandik

INFOJAMBI.COM —Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat, Willem Wandik, mendorong Pemerintah Pusat, menjadikan Tanah Papua sebagai “gerbang Timur kegiatan ekspor-impor” untuk kawasan Pasifik Melanesia.

Melalui penguatan kegiatan “trading”, Willem, meyakini, akan menjadi kekuatan baru bagi Tanah Papua, untuk keluar dari defisit perdagangan antar wilayah di Indonesia.

“Kondisi itu merupakan penyebab terjadinya “inflasi alamiah” yang begitu ekstrim di Tanah Papua, “ ujar alumnus S1, Universitas Teknologi Surabaya, Surabaya (2009) itu, di Jakarta, Jum’at (26/1).

Ditambahkan Willem, gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah saat ini, dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan distribusi barang mentah ke pusat produksi di kawasan kota-kota utama di Tanah Papua. Ketergantungan negara negara tetangga di kawasan Pasifik Melanesia, terhadap impor barang dari wilayah Indonesia (melalui Tanah Papua), dapat dimanfaatkan untuk mendorong kegiatan trading dan industrialisasi di kawasan paling Timur Indonesia.


“Dorongan Pemerintah ikut memperkuat posisi Tanah Papua, sebagai “gerbang Timur kegiatan trading dan industrialisasi,” katanya.

Anggota komisi V DPR itu, menegaskan kota Jayapura saat ini berperan penting sebagai daerah penyangga kegiatan ekonomi. Bukan hanya di kawasan Papua Indonesia, tapi juga berperan penting terhadap kebutuhan suplai barang konsumsi ke negara tetangga Papua Nugini.

Karenanya, Willem, berpendapat kedudukan Tanah Papua, terutama kota Jayapura, harus diperjuangkan menjadi kawasan perdagangan strategis bagi Papua (Indonesia) ke kawasan Pasifik (negara negara serumpun Melanesia), melalui penetapan status sebagai daerah Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN).

“Hal ini adalah bentuk dukungan Pemerintah Pusat, untuk mendorong peningkatan perekonomian di Tanah Papua, dan menjadikan Tanah Papua sebagai basis kegiatan ekonomi di kawasan Pasifik Melanesia, “ kata Willem yang meraih 178.682 suara dalam Pemilu Legislatif 2014 lalu. ( Bambang Subagio – Jakrata )

Kategori Nasional

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.