Jalan Bangko – Kerinci Rawan Longsor

Laporan Jefrizal

Salah satu titik longsor dijalan Bangko-Kerinci (foto Jefrizal)

INFOJAMBI.COM – Memasuki musim arus mudik lebaran, pihak Kepolisian Lalu Lintas terus memantau wilayah-wilayah yang sering terjadi musibah bencana alam sepeti longsor, sebab dalam pantauan Sat lantas Polres Merangin ada tiga titik akses jalan Provinsi yang menghubungan Kabupaten Merangin dan kabupaten Kerinci sering terjadi longsor dan menimbun badan jalan.

Wilayah yang sering terjadi longsor, di Desa Birun, tepatnya di kilometer 77, Kecamatan Pangkalan Jambu, Desa Sungai Manggis kilometer 79, dan di Desa Penetai kilometer 80, dimana di tiga lokasi yang ada di Kecamatan Pangkalan Jambu ini sering terjadi longsor, dan bahkan kini masih ada sisa-sisa material tanah dan batu bekas longsor yang menumpuk menutupi badan jalan.


Tak hanya longsor, dari pantauan dilapangan, di jalan Bangko-Kerinci juga terdapat sebagian jalan ambles, berada di wilayah Kecamatan Renah Pembarab, bagi warga yang ingin melintasi jalan tersebut menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat harap berhati-hati.

Untuk mengantisipasi rawan kecelakaan di jalan raya menjelang hari raya idul fitri, pihak kepolisian akan menggelar operasi dengan sandi Ketupat, dimana operasi tersebut akan di mulai pada tanggal 8 Juni 2018 hingga tanggal 23 Juni 2018.
Dimana natinya akan ada pos pelayanan di tempat-tempat yang di anggap rawan kecelakaan serta kriminalitas selama perayaan hari raya idul fitri.

Kapolres Merangin melalui Kasat lantas Iptu Adli ketika dikomfirmasi awak media, menjelaskan untuk titik-titik rawan kecelakaan sudah di petakan dan nantinya akan kita pasang rambu-rambu supaya kecelakaan bisa berkurang.

“Untuk di wilayah yang rawan longsor, nantinya akan kita standby kan satu unit alat berat yang disiapkan oleh pemerintah di Kecamatan Pangkalan Jambu, dan juga kita akan menyediakan pos pelayanan untuk anggota kita berjaga,”jelas Iptu Adli, Selasa (29/5/2018).

Kasat juga menyampaikan, cuaca di wilayah Kabupaten Merangin tidak menentu, dimana dalam beberapa hari ini Kabupaten Merangin selalu di guyur hujan, dan tidak menutup kemungkinan longsor akan terus terjadi di wilayah yang rawan longsor.

“Untuk saat ini aktifitas kendaraan masih normal di wilayah kita, di perkirakan akan melonjak naik pada H-6, sebab lebaran akan dilaksanakan pada tanggal 13, ”tutupnya.

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.