Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:23

Jalan Pauh – Air Hitam Diusulkan Jadi Jalan Provinsi

Jalan Pauh – Airhitam, Sarolangun || foto : rudy ichwan

SAROLANGUN – Jalan Pauh – Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, diusulkan untuk ditingkatkan menjadi jalan provinsi oleh Pemkab Sarolangun. Saat ini jalan itu masih berstatus jalan strategis Provinsi.

Adanya usulan ini diungkapkan saat Pemkab Sarolangun mengadakan rapat Forum Konsultasi Publik Perancanaan Pembangunan Daerah 2017, di Aula Bappeda Sarolangun, Kamis (16/3).

Kepala Bappeda Sarolangun, Dedy Henri mengatakan, jalan Pauh – Air Hitam saat ini statusnya masih jalan kabupaten.

“Kita telah mengusulkan jalan tersebut menjadi jalan provinsi, tapi belum disahkan. Hanya saja saat ini baru sebagai jalan strategis provinsi,” katanya.

Rapat tersebut membahas berbagai rencana pembangunan daerah. Salah satunya peningkatan kualitas infrastruktur jalan dan daftar penetapan status ruas jalan provinsi dalam daerah.

Di kesempatan itu disebutkan, pembagian penetapan status ruas jalan di Sarolangun, mulai jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten yang menjadi prioritas utama pertanggungjawaban oleh APBD Sarolangun.

Penetapan status ruas jalan provinsi masih berdasarkan SK Gubernur Jambi Nomor 567/Kep.Gub/DPU/2012 tentang Penetapan Ruas-Ruas Jalan Menurut Statusnya.

Jalan provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun total panjangnya 192,779 kilometer. Adapun jalan tersebut adalah Jalan Pauh – Lubuk Napal – Sepintun – Batas Sumsel dengan panjang 54,740 kilometer.

Lalu jalan Simpang Pelawan – Sungai Salak 61,288 kilometer. Jalan Sungai Salak – Pekan Gedang Batang Asai 30,845 kilometer. Jalan Pekan Gedang Batang Asai – Muara Talang – Jangkat dengan panjang 45,906 kilometer. (infojambi.com/d)

Laporan : Rudy Ichwan

 

Kategori Birokrasi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.