Jambi Bahas Persiapan New Normal, Kerinci Jadi Pilot Project

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

Rapat persiapan new normal (foto : novriansah)

 

INFOJAMBI.COM — Pemerintah Provinsi Jambi bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mulai membahas skema new normal (normal baru), dalam menghadapi wabah coronavirus disease 2019 (covid-19).

Di Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci ditetaapkan sebagai pilot project penerapan new normal. Kerinci masuk sebagai pilot project dari 124 kabupaten/kota se-Indonesia yang ditetapkan pemerintah pusat.

Hal ini diungkapkan Sekda Provinsi Jambi, Sudirman, saat rapat bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, di Kantor BPBD Provinsi Jambi, Selasa (26/5/2020).

Perencanaan penerapan new normal ini akan dimantapkan kembali dalam rakor lanjutan. Juga akan dibahas dan dirumuskan protokol masyarakat produktif dan aman covid-19 dengan Menko Perekonomian.

Penerapan new normal diharapkan dapat berdampak pada pemulihan produktivitas dan ekonomi masyarakat, namun aman dari covid-19.

Dengan ditunjuknya Kabupaten Kerinci sebagai pilot project, pemerintah daerah akan melakukan berbagai aksim seperti sosialisasi, gerakan membagi masker, serta Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Gerakan ini harus dilakukan dengan masif. Banyak sekali masyarakat tidak memakai masker, tidak mencuci tangan, dan tidak membawa hand sanitizer,” ujar Sudirman.

Menurut Sudirman, penunjukan Kabupaten Kerinci sebagai pilot project new normal memiliki beberapa konsekuensi. Ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan menuju new normal live .

Pada tahap pra kondisi, harus ada sosialisasi, kajian riset, dan edukasi publik serta waktu. Tahap kedua, data epidemologi dan tingkat kesehatan. Ketiga, prioritas kabupaten/kota.

Diperlukan pula koordinasi dan saling sinergi, dan monitoring serta evaluasi, karena di dalamnya ada juga penegakan hukum.

Kerinci dipilih karena adanya produktivitas ekonomi berupa perkebunan. Dalam penerapan new normal ini, 70 persen ditujukan pada produktivitas ekonomi, 30 persen persen kesehatan.

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, yang juga Danrem 042/Garuda Putih, Kolonel.Kav. M Zulkifli.

Dalam rapat ini Zulkifli meminta laporan dari masing-masing koordinator gugus tugas penanganan covid-19. Laporan itu dibutuhkan untuk mengambil langkah persiapan penerapan new normal di Jambi.

“Kita harus menindaklanjuti arahan pusat. Apa saja yang sudah dilakukan tentang penyaluran Jaring Pengaman Sosial, juga di bidang kesehatan. Menghadapi new normal perlu persiapan matang,” tegas Zulkifli. ***

Kategori Provinsi

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.