Jambi Masuk 9 Provinsi Kasus Kematian Tertinggi Dalam Sepekan

Editor: Rahmad

Prof Wiku Adisasmito

INFOJAMBI.COM – Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan masih banyak provinsi yang perkembangan Covid-19 di wilayahnya memburuk. Salah satunya adalah Provinsi Jambi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada 31 provinsi yang persentase kasusnya mengalami kenaikan.

“Terkait perkembangan persen kasus aktif sembuh dan meninggal di 34 provinsi. Dari 34 provinsi sayangnya sebanyak 31 provinsi yang mengalami kenaikan persen kasus aktif,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/7/2021).

Wiku mengatakan 29 provinsi juga mengalami penurunan persentase kesembuhan terjadi. Kemudian, 9 provinsi juga mengalami kenaikan persentase kematian.

“Sembilan provinsi mengalami kenaikan persen kematian dan 29 provinsi mengalami penurunan persen kesembuhan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam satu minggu terakhir, persentase kematian meningkat lebih signifikan dibanding persentase kesembuhan.

“Kematian yang meningkat ini dapat terjadi akibat keterlambatan penanganan atau perburukan yang tidak dipantau saat isolasi mandiri. Untuk itu mohon kepada seluruh pemerintah daerah untuk terus meningkatkan pemantauan pada pasien isolasi mandiri agar dapat segera ditangani dengan cepat apabila terjadi perburukan,” papar Wiku.

Wiku mengatakan pemerintah daerah yang daerahnya masih menunjukkan perkembangan kurang baik harus melakukan refleksi.

“Tentunya banyaknya provinsi yang mengalami perkembangan ke arah yang kurang baik ini perlu dijadikan refleksi oleh pemerintah daerah masing-masing,” kata Wiku.

Berikut ini 9 provinsi yang persentase kematiannya meningkat:

1. Aceh
2. Jawa barat
3. Jawa tengah
4. Gorontalo
5. Daerah Istimewa Yogyakarta
6. Bengkulu
7. Kepulauan Riau
8. Jambi
9. Kalimantan barat

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.