Jambi Siapkan Dua Etape Tour De Singkarak

PENULIS : RICHI/MUSTAR
EDITOR : M ASRORI S

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, menyebutkan, Provinsi Jambi sedang menyiapkan dua etape untuk Tour De Singkarak Tahun 2019. yaitu dari Solok Selatan melewati Kerinci sampai ke Sungai Penuh, kemudian dilanjutkan dari Sungai Penuh melewati Pesisir Selatan.

Fachrori Umar menyebutkan itu usai pertemuan bersama Wagub Sumatera Barat, H.Nasrul Abit, terkait Etape Tour De Singkarak 2019, di Kota Sungai Penuh, Sabtu (6/4/2019). Pertemuan tersebut, turut dihadiri pejabat Pemkab Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

“Saat ini Pemprov Jambi beserta Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, tengah mempersiapkan diri dalam rangka penyelenggaraan Tour De Singkarak 2019. Kita tentu sangat bangga, karena Jambi pada tahun ini akan dilewati peserta Tour De Singkarak,” ujar Fachrori.

Dikatakan Fachrori, Provinsi Jambi akan mendapatkan banyak multiplier effect dari event Tour De Singkarak yang etapenya akan melewati Provinsi Jambi, salah satunya adalah infrastruktur di daerah tersebut, khususnya jalan akan diperbaiki.

“Perekonomian masyarakat juga tentunya akan semakin meningkat, seiring dengan diselenggarakannya Tour De Singkarak di Provinsi Jambi. Masyarakat luar negeri lebih mengenal Jambi, terutama pada sektor pariwisatanya, karena Kerinci merupakan branding Pariwisata Provinsi Jambi untuk nasional,” ujar Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori mengharapkan agar Tour De Singkarak 2019, bisa berjalan sukses dan lancar, serta kedepannya Provinsi Jambi terus mendapatkan etape tetap pada Tour De Singkarak selanjutnya.

“Dalam waktu dekat, kita akan segera melakukan perjanjian kerjasama dengan Gubernur Sumatera Barat, sebagai salah satu persiapan melaksanakan Tour De Singkarak Tahun 2019,” jelas Fachrori.

Wagub Sumbar, H.Nasrul Abit, menyampaikan, prinsipnya Pemprov Sumatera Barat bersedia bekerjasama dengan Provinsi Jambi, untuk memperpanjang (menambah) jalur Tour De Singkarak, sehingga nantinya Provinsi Jambi akan mendapatkan dua etape pada Tour De Singkarak 2019.

Syarat untuk etape Tour De Singkarak ini menurut Nasrul Abit, adalah jalan dari Solok Selatan ke Kerinci bagus dan jalan dari Sungai Penuh ke Pesisir Selatan juga bagus.

“Kita bersedia bekerjasama dengan Jambi untuk Tour De Singkarak ini, asalkan jalan yang akan dilewati kondisinya bagus, karena Tour De Singkarak ini tidak bisa dari Solok Selatan melewati Kerinci ke Sungai Penuh kemudian kembali lagi ke Solok Selatan, tapi harus berputar dari Solok Selatan melewati Kerinci sampai ke Sungai Penuh, kemudian dilanjutkan melewati Pesisir Selatan,” terang Nasrul.

Jadi, langkah awal kita, adalah membuat kerjasama antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi, terkait penyelenggaraan Tour De Singkarak, kata Nasrul.

Selanjutnya, tegas Nasrul, akan ada tim survei dari Kementerian dan panitia Tour De Singkarak, untuk melihat kondisi jalan serta persiapan lainnya termasuk pembiayaan.

Lebih lanjut, Nasrul mengatakan, setelah ada kerjasama antara Gubernur Sumbar dan Gubernur Jambi untuk Tour De Singkarak, Pemprov Sumbar akan menindaklanjuti dengan melaporkan kepada Kementerian Pariwisata, untuk meminta izin akan memperpanjang etape Tour De Singkarak sampai ke Provinsi Jambi. ( Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.