Jambi Tunggu Kerja Sama Wisata Pulau Berhala

INFOJAMBI.COM — Keindahan Pulau Berhala tidak diragukan lagi. Pulau ini memiliki pantai sangat indah dan spot sunset yang sempurna. Ada penginapan semacam homestay yang dikelola oleh warga setempat.

Ketika berkunjung ke pulau ini, anda akan disuguhkan dengan pantai bening dan batu-batu besar, sama seperti di film Laskar Pelangi. Tempatnya tenang dan nyaman, membuat betah berlama-lama di sini. Sayang, pulau ini sudah menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Untuk mencapai Pulau Berhala, harus ke Nipah Panjang terlebih dahulu, menempuh waktu sekitar 3 jam dari Kota Jambi. Dilanjutkan naik kapal cepat sekitar 1 – 2 jam perjalanan.

Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Robby Nahliyansyah, mengatakan, memang status Pulau Behala bukan lagi milik Provinsi Jambi, karena sudah masuk wilayah Kabupaten Lingga, Kepri.

Tetapi, potensi wilayah Tanjung Jabung Timur sebenarnya ada banyak. Soal Pulau Berhala akan terus diupayakan kerja sama dengan Kabupaten Lingga dalam hal sebagai pengelola.

“Kita lihat, hampir 99 % masyarakat yang berkunjung ke Pulau Berhala adalah masyarakat Jambi. Kami ingin akses menuju Pulau Berhala melalui Tanjung Jabung Timur,” kata Robby, Rabu (15/11/2017).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi, kepada infojambi.com menyatakan sebenarnya Pulau Berhala potensi alamnya luar biasa. Hanya saja belum tertata dengan bagus.

“Saya sudah beberapa kali mengunjungi Pulau Berhala. Spot penyelaman ditambah pasir putih dan batuan besarnya sangat menarik. Jika nanti ada kerja sama antar Provinsi Jambi dan Kepri soal pengelolaan pulau ini, kita akan berbenah,” ungkap Ujang. (Yudi Pramono — Jambi)

 

Kategori Wisata - Seni - Budaya

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.