Jelang Idul Adha Stok Sembako Cukup dan Harga Normal

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DODDI IRAWAN

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar dan Ketua Satgas Pangan Provinsi Jambi, HM Dianto mengecek stok dan harga sembilan bahan pokok (sembako), di Pasar Angsoduo, Kota Jambi, Jum’at (9/8/2019).

Gubernur dan rombongan menemui pedagang sayur, cabai, ikan dan daging sapi. Gubernur juga meninjau harga bahan pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Di TTIC harga cabai merah Rp.60 ribu per kg, cabai rawit Rp.64 ribu per kg, beras Rp.4.500,- per 5 Kg, daging sapi Rp.120 rb per kg, ayam potong Rp.30 ribu per kg, bawang merah Rp.22 ribu per kg, dan bawang putih Rp.28 ribu per kg.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan ketersedian dan stabilitas harga sembako menjelang lebaran Idul Adha.

Gubernur Fachrori menjelaskan, secara umum harga sembako di Pasar Angsoduo normal dan stabil. Ada beberapa bahan pokok mengalami kenaikan signifikan, cabai merah dan sayur-sayuran akibat dipengaruhi kemarau.

“Menghadapi lonjakan harga, Pemprov Jambi sudah menyiapkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di setiap pasar, agar harga jangan terlalu tinggi naiknya. Juga ada Toko Tani Indonesia Centre untuk menstabilkan harga pangan di pasaran,” kata Fachrori.

Harga cabai merah beberapa bulan belakangan merangkak naik. Pemprov Jambi melalui dinas ketahanan pangan menggelar pangan murah cabai merah dengan harga petani dan terjangkau oleh masyarakat.

“Alhamdulillah semua barang stoknya aman dan harganya juga masih stabil dan terjangkau,” ungkap Fachrori.

Saat ini harga tidak naik signifikan, terutama daging, ayam dan ikan. Sembako juga relatif normal. Kalaupun naik, hanya sedikit. ***

Kategori Ekonomi dan Bisnis,Provinsi

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.