Jelang MQK Tingkat Nasional, Ratusan Santri Ponpes Mengikuti Seleksi MQK

INFOAJMBI.COM – Jelang pelaksanaan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) tingkat Nasional ke 6 di Pasentern Rauodlotrul Mubtadin, Jepara Jawa Tengah, akhir November mendatang, sejumlah Pondok Pesantren di Jambi juga mempersiapkan santri dan santriwati terbaiknya, untuk mengikuti seleksi MQK ditingkat Provinsi Jambi.

Seleksi MQK Tingkat Provinsi Jambi ke IV, diikuti ratusan santri itu, dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Iman Sebapo, Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (19/10), dibuka Wagub Jambi, H. Fachrori Umar. Turut dihadiri Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busyro, Plt. Kakanwil Agama Provinsi Jambi, Muhammad Havis.

Menurut Wagub, Fachrori, kegiatan MQK dapat memotivasi anak-anak pesantren, untuk terus meningkatkan pemahaman dan pendalaman terhadap nilai ajaran Islam yang terkandung dalam kitab kuning yang diajarkan kepada setiap santri dan santriwati di Pondok Pesantren.

MQK juga sebagai ajang strategis untuk meningkatkan tradisi akademik yang mengakar dan menjadi ciri pondok pesantren, ujarnya.

“Berdasarkan sejarah pondok pesantren tak terpisahkan dari tradisi akademik mempelajari dan menguasai khazanah keilmuan yang bersumber dari kitab kuning,” ujar Wagub H Fachrori, seraya menambahkan, bahwa setiap individu santri, harus bisa menguasai kitab kuning, sebagai modal melanjutkan regenerasi para ulama.

Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busyro, mengatakan, kegiatan MQK sebagai ajang prestasi bagi satri-santri yang memiliki kualifikasi pendalaman isi kandungan kitab kuning. MQK juga dapat menjadi daya dorong bagi santri untuk mempelajari dan mengkaji ilmu-ilmu islam, dalam berbagai cabang yang akan di perlombakan, ujarnya.

Sementara itu pendiri Ponpes Nurul Iman, KH. Sohib, mengatakan, para santri asuhannya juga mempelajari kitab kuning, sehingga di saat lomba MQK ini dilaksanakan, para santri tidak kesulitan lagi dan diharapkan ada yang berprestasi serta dapat bersaing ditingkat nasional. ( Sapra Wintani – Humasprov )

Kategori Agama

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.