Jelang Ramadhan, Gubernur Koordinasikan Pengamanan Pangan

KOTAJAMBI — Menjelang Ramadhan, Gubernur Jambi, H Zumi Zola, meningkatkan koordinasi pengamanan pangan di Provinsi Jambi. Tujuannya untuk menjaga ketersediaan pangan dan mengupayakan tidak terjadi lonjakan harga pangan.

Zola memimpin langsung Rapat Koordinasi Forkompinda Provinsi Jambi, di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Selasa (23/5) siang. Agendanya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, penambangan emas tanpa izin, ketahanan pangan dan kesiapan menyambut Ramadhan dan Idul Fitri.

Rapat diikuti pihak TNI, Polri dan seluruh pihak terkait. Zola menekankan pentingnya menjaga keamanan pangan, terutama menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri. Ia menegaskan, dalam upaya mengamankan pangan, jika ada penimbun, akan ditindak tegas.

Gubernur mengatakan, ketersediaan pangan sangat penting dan berpengaruh pada perubahan harga di pasar, termasuk saat mendekati Ramadhan. Pangan merupakan kebutuhan dasar yang jika tidak ditangani dengan baik, membuat masyarakat kesulitan.

“Pangan adalah kebutuhan dasar. Kalau tidak tersedia, akan kolaps. Untuk itu penting memperhatikan sektor pangan. Saya sangat mengapresiasi kabupaten/kota telah memberi perhatian lebih pada bidang pertanian,” ujar Zola.

Menghadapi Ramadhan, pemerintah turun tangan menekan harga barang jangan sampai melambung tinggi, dan mewaspadai oknum penimbun pangan. Bulog diminta lebih maksimal. Untuk enam bulan kedepan, stok beras, gula dan daging beku aman.

“Jika memang diperlukan, pemerintah akan menyediakannya. Pemerintah daerah akan melakukan pasar murah di titik-titik strategis dengan melibatkan Bulog,” jelas Zola.

Pemprov Jambi akan membentuk Tim Satgas Pangan Provinsi, Kabupaten dan Kota, untuk memantau harga pangan. Juga minta PLN mengupayakan tidak terjadinya pemadaman listrik, supaya masyarakat tidak terganggu menjalankan ibadah. (infojambi.com)

Penulis : Maria || Foto : Agus Supriyanto

 

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.