Jemaah Lansia Sangat Perlu Bimbingan dan Bantuan

PENULIS : TEGUH
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Bupati Merangin H Al Haris bersama Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris, telah pulang dari menunaikan ibadah haji. Kepulangan bupati dan istri ini, lebih awal dari rombongan jemaah haji Merangin yang baru akan pulang pada Senin (9/9/2019).

Begitu sampai di rumah dinas Bupati Merangin setelah menempuh perjalanan udara dari Jakarta ke Bungo pada Kamis (5/9/2019) sekitar pukul 18.45 Wib, bupati langsung menggelar syukuran dan doa bersama anak yatim.

Pada acara yang berlangsung di ruang tamu dan ruang tengah rumah dinas bupati itu, bupati bercerita tentang pengalamannya yang luar biasa berangkat haji lewat jalur reguler. Semua tahapan haji sukses dilakukan bupati bersama jemaah lainnya dengan serius.

Bahkan disela-sela ibadahnya, bupati sempat membantu para jemaah haji lansia Merangin untuk mengikuti serangkaian kegiatan haji. “Para jemaah haji lansia memang sangat membutuhkan bimbingan dan bantuan,” ujar Bupati.

Bupati berharap ada tambahan petugas haji yang bisa membimbing dan membantu para jemaah haji lansia itu, sehingga ibadah haji yang dilakukan para orang tua itu terlaksana dengan sempurna.

Ada jemaah lansia jelas bupati, yang seperti orang binggung. Ada juga yang hanya mondar-mandir ketika Sa’i dan banyak lagi kegiatan lansia yang sangat membutuhkan pertolongan pembimbing haji.

“Saya hanya bisa membantu beberapa orang saja, karena lansia kita cukup banyak yang pergi haji, sehingga harus banyak orang pula yang harus membimbingnya,” cerita bupati dihadapan para pejabat dan tokoh masyarakat yang mengikuti acara doa bersama.

Kedepan bupati berharap, selain jumlah pembimbing haji Kabupaten Merangin ditambah seiring bertambahnya kuota haji, petugas pembimbing haji hendaknya juga orang yang sudah pernah menunaikan ibadah haji.

Disamping telah berpengalaman, petugas yang pernah pergi haji tidak lagi disibukan dengan serangkaian ibadah haji yang dilakukannya, sehingga waktunya akan lebih banyak untuk menolong para jemaah haji lansia.

Acara syukuran dan doa bersama itu, diakhiri dengan salam-salaman para tamu undangan dengan bupati dan istri.  Usai menghadiri syukuran dan doa bersama itu, bupati bersama istri langsung bertolak ke rumah ibunya di Desa Sekancing.

H Al Haris dan istri langsung ‘sungkem’ dengan ibunya sepulangnya menunaikan ibadah haji. ‘Sungkem’ bupati itu, semakin memperlengkap rangkaian ibadah haji yang dilakukannya pada musim haji 2019.***

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.