JT-385 Kembali ke Landas Parkir Jelang Take-Off, Ini Kata Pihak Lion Air

Penulis : Tim Liputan
Editor : Dora

ilustrasi

INFOJAMBI.COM — Kejadian kembalinya pesawat Lion Air JT-385 ke landas parkir (return to apron), saat akan lepas landas, di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, sempat menghebohkan para penumpangnya.

Peristiwa itu terjadi Jum’at kemarin. Lion Air JT-385 dijadwalkan berangkat pukul 19.55 WIB, dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Soekarno – Hatta. Diperkirakan pesawat sampai di Tangerang, Banten, sekitar pukul 20.55 WIB.

Ketika pesawat sudah bergerak menuju landasan pacu (runway), ada indikator pada pintu belakang bagian kiri harus dilakukan pengecekan. Untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pesawat kembali ke landasan parkir.

Pihak Lion Air menginformasikan kepada seluruh penumpang, agar kembali ke ruang tunggu keberangkatan. Mereka minta maaf atas penundaan keberangkatan itu, termasuk memberi kompensasi keterlambatan (delay management).

Setelah berada di landasan parkir, pesawat menjalani pemeriksaan (grounded) dan proses investigasi. Para penumpang kemudian diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LPW, pukul 22.20 WIB dan mendarat di Soekarno-Hatta pada 00.20 WIB.

Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, pihaknya sudah melakukan operasional penerbangan domestik sesuai standar prosedur.

Boeing 737-800NG registrasi PK-LOV itu sebelum berangkat sudah menjalani pemeriksaan awal (pre-flight check), dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight). Penerbangan JT-385 membawa tujuh kru dan 162 penumpang.

“Lion Air patuh dan menjalankan segala ketentuan operasional dengan mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” kata Danang dalam pers rilisnya kepada INFOJAMBI.COM. #

Kategori Nasional

Tags: ,,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.