Jumlah DPT Merangin Untuk Pilkada 2018 Sebanyak 245.722

Laporan Jefrizal

INFOJAMBI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merangin menggelar rapat pleno rekapitulasi DPS Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Merangin 2018 di aula I Kantor Bupati, Rabu (18/4/2018).

Rapat yang dipimpin langsung ketua KPU Merangin, Iron Syahroni ini menetapkan DPT Pilkada Merangin 2018 berjumlah 245.722, dimana jumlah DPT tersebut terdiri dari 215 desa dan 858 TPS yang tersebar di 24 Kecamatan di Kabupaten Merangin.

Anggota KPUD Merangin, Adam dikonfirmasi usai melaksanakan rapat pleno, mengatakan penetapan DPT pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, setelah ditetapkan daftar Pemilih Sementara (DPS) 247.445, dimana dari jumlah DPS terjadi pengurangan sekitar 2.000 jiwa. Pengurangan terbesar disebabkan pemilih ganda dan pindah domisili.


“Hasil rapat pleno ini, kita tetapkan jumlah DPT Kabupaten Merangin untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Merangin sebanyak 245.722,” kata Adam.

Dikatakannya, untuk DPT Pilkada Merangin terjadi peningkatan jika dibandingkan Pemilihan Gubernur beberapa waktu lalu. Dimana DPT pada Pilgub berjumlah 243.256 sementara DPT Pilbup Merangin berjumlah 245.722. “Sementara untuk pemilih pemula yang masuk ada sekitar dua ribuan jiwa,” sebutnya.

Ditanya bagaimana warga yang tidak masuk dalam DPT, namun memiliki e-KTP apakah bisa memilih. Dikatakannya, bisa melakukan pemilihan selama bisa menunjukkan KTP dan surat keterangan dari Dukcapil.

“Cuma seperti yang kami sampaikan pada pleno tadi, kekhawatiran kita tidak adanya jaminan ketersedian surat suara terhadap pemilih seperti ini. Karena surat suara diproduksi sesuai jumlah DPT yang kita tetapkan. Penambahan surat suara hanya 2,5 persen per TPS,” terangnya.

Penetapan pleno bisa diterima oleh masing-masing utusan Pasangan Calon (paslon) saat rapat pleno digelar. “Seperti kita lihat tadi perwakilan paslon semuanya menyetujui,” pungkasnya.

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.