Senin, 21 Mei 2018 | 04:13

Jumlah Pengangguran di Jambi Turun

Laporan Tim Liputan

INFOJAMBI.COM — Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Jambi pada Triwulan I tahun 2018 mengalami penurunan, dibanding tahun 2017.

Hal ini diakui oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan, Selasa (8/5/2018).

Menurut Dadang, pada Februari 2017 TPT di Provinsi Jambi tercatat sebesar 3,67 persen, sementara Februari 2018 turun menjadi 3,65 persen.

“Pengangguran kita tercatat 3,65 kondisi Februari TPTnya. Kami lihat dari tahun sebelumnya mengalami penurunan,” ujar Dadang.

Dadang menambahkan, dilihat dari tingkat pendidikan, jumlah TPT tertinggi terjadi pada Diploma I/II/III, disusul tingkat SLTA.

“Secara teori, semakin tinggi pendidikan, unsur milah milih pekerjaan itu ada. Ini juga dibuktikan dengan tingkat pendidikan dasar yang cukup rendah TPT-nya, karena apapun yang penting kerja,” jelas Dadang.

Untuk pendidikan yang lebih tinggi, kata Dadang, mereka ingin memiliki pekerjaan sesuai dengan tingkat pendidikannya. Diharapkan mereka yang berpendidikan tinggi memiliki jiwa enterpreneurship untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

“Kita berharap pendidikan yang lebih tinggi menciptakan lapangan pekerjaan, bukan mencari pekerjaan,” pungkas Dadang. (MON)

Editor : IJ-2

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.